Menpar Berharap Event World Superbike 2021 Bangkitkan Parek

    Indonesia akan menggelar dua event FIBA ​​​​Asia Cup dan World Superbike 2021 Indonesia.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Indonesia dijadwalkan menggelar sejumlah event internasional dalam waktu dekat, salah satunya World Superbike 2021 pada November mendatang. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan olahraga bergengsi ini akan menjadi ajang pendahuluan sebelum MotoGP.

    Sandiaga memperkirakan ajang World Superbike mampu mendatangkan sekitar 20 ribu penonton setiap harinya. “World Super Bike ini akan melibatkan 24 atlet asing yang akan bertanding di ajang bergengsi di akhir musim,” ujarnya usai rapat terbatas persiapan Piala Asia FIBA ​​2021 dan Grand Prix World Superbike Indonesia 2021 di Merdeka. Istana, Rabu (2/6).

    Sandiaga berharap even olahraga berskala internasional ini mampu menghidupkan kembali perekonomian dan pariwisata di tengah pandemi Covid-19. Meski demikian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan agar penyelenggaraan event olahraga bertaraf internasional ini harus mengutamakan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, baik bagi atlet, kru official, maupun penonton.

    “Atlet diharapkan hadir lima hari sebelum latihan dengan status sudah divaksin 6 vaksin yang sudah disetujui WHO. Dan sebelum pemberangkatan, lakukan tes PCR, setelah sampai di karantina, atlet tetap rutin melakukan tes,” dia menjelaskan.

    Menkeu juga berharap dengan terselenggaranya World Superbike mampu membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia dapat menyelenggarakan event olah raga besar berskala internasional dengan tetap melaksanakan program tersebut. Mengenai kapasitas penonton yang diperbolehkan untuk menyaksikan acara ini, kata Sandiaga, akan diputuskan sebelum pelaksanaan dan dengan mempertimbangkan kondisi Covid-19 saat ini.

    “Keputusan apakah kapasitas penonton 20 ribu per hari adalah 10, 20, atau 30 persen akan ditentukan pada saat-saat terakhir dan penonton juga akan dilakukan dengan sistem. gelembung melalui tes berjenjang dan mudah-mudahan juga dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” jelasnya.

    Menparekraf berharap dua event olahraga internasional yang akan digelar, yakni FIBA ​​Asia Cup dan World Superbike Indonesia Grand Prix 2021 mampu membangkitkan semangat dan menunjukkan bahwa Indonesia siap menggelar event kelas dunia di tengah-tengahnya. dari pandemi Covid-19.

    “Covid-19 memaksa kami untuk beradaptasi dan ini kami lakukan dengan konsekuensi penuh secara totalitas untuk memastikan pengendalian Covid-19. Akhirnya, kami berharap ini dapat menghidupkan kembali baik ekonomi maupun pariwisata dalam rangka pengendalian Covid-19,” katanya. .



    https://www.republika.co.id/berita/qu2vwz396/menpar-harap-ajang-world-superbike-2021-bangkitkan-parek