Menparekraf Akan Mengambil Tindakan Tegas terhadap Mal dan Peneliti yang Tidak Melaksanakan Protokol CHSE

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan akan menindak tegas pusat perbelanjaan (mal) atau restoran yang tidak menerapkan Cleanliness, Health, Safety and Environment (CHSE). protokol.

Menurutnya, protokol CHSE penting untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen.

Baca juga: Sandiaga Uno Perkenalkan Program Non Mudik Made Fun: Rawat Kampung Kampung

“Saya menghimbau kepada masyarakat yang melihat tidak mematuhi CHSE agar segera melapor, dan kami akan mengambil tindakan tegas agar tidak memicu kasus baru Covid -19,” kata Sandiaga dalam webinar, Rabu (12/5). 2021).

Baca juga: Keunikan Desa Wisata Taro di Bali Sebut Sandiaga Uno Bisa Manjakan Mata Anak Perkotaan

Menparekraf menjelaskan penerapan disiplin standar CHSE sangat penting untuk mendapatkan sertifikasi, misalnya untuk bisnis seperti restoran di mal.

Alhasil, bisnis restoran akan mendapat sertifikasi standar keselamatan dengan risiko kecil penularan Covid-19.

Baca juga: Special Season Indonesian Idol Diadakan Saat Pandemi, Sandiaga Uno Tunjukkan Pujian

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja memperkirakan kunjungan ke pusat perbelanjaan akan meningkat pada H + 1 Lebaran.

Hal ini mengikuti kebijakan pelarangan mudik sehingga banyak orang menghabiskan waktu liburannya selain mengunjungi pusat-pusat wisata, destinasi lain hingga pusat perbelanjaan.

“Kami perkirakan akan ada lagi kenaikan H + 1 ke pusat perbelanjaan, biasanya di hari H masyarakat masih bersilaturahmi. Pada H + 1 itu untuk kepentingan mengisi liburan,” kata Alphonzus.




Source