Menpora Amali: Siap Venue atau Olah Raga Bisa Gelar Event Tes Jelang PON Papua

Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebelum mengadakan kejuaraan, biasanya panitia penyelenggara akan mengadakan test event.

Begitu juga dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX yang akan digelar pada 2-15 Oktober 2021.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan untuk ajang uji coba cabang atau venue olahraga yang siap menggelar uji coba.

Sedangkan event test yang tertunda karena peralatan masih menunggu peralatan impor dari luar negeri.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali baru saja menggelar rapat kerja dengan Komisi X DPR RI membahas RKA/KL dan RKP Kementerian Pemuda dan Olahraga Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (3/ 6/2021). (Dok. Kemenpora)

“Untuk test event memang berbeda, kita komunikasikan dan koordinasikan dengan PB PON. Jadi tidak semua seperti itu, ada juga yang akhir Juli datang untuk test event. Itu (peralatan pertandingan) yang kita punya. bukan dari luar karena sudah siap,” kata Zainudin Amali, Selasa (13/7/2021).

“Untuk masalah saat ini, kami masih kesulitan karena harus mendatangkan beberapa peralatan dari luar negeri, karena standarisasi dan sertifikat yang menentukan International Federation (IF). Jadi periksa dulu peralatannya. Tapi kalau sudah ada dan siap di dalam negeri, saya kira tidak ada masalah dan test event bisa dilanjutkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Zainudin Amali juga menjelaskan bahwa test event sengaja diadakan di dekat waktu acara agar peralatan pertandingan tidak mudah rusak.

Seperti diketahui, pembangunan venue PON sendiri sudah hampir rampung atau pengerjaannya sudah mencapai 90 persen.

Logo PON Papua
Logo PON Papua (kemlu.go.id)

Tempat kompetisi dibagi menjadi empat wilayah, yaitu Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

“PB PON juga sebelumnya mengatakan akan mudah rusak jika digunakan terlalu cepat (event test). Jadi ini kesempatan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, PB PON dan Delegasi Teknik untuk melihat itu. Itu sudah kami hitung dan mudah-mudahan tidak ada masalah,” kata Zainudin Amali.



https://www.tribunnews.com/sport/2021/07/14/menpora-amali-venue-atau-cabor-yang-siap-sudah-bisa-gelar-tes-event-jelang-pon-papua