Mensos Risma Kenalkan DTKS Baru, Masyarakat Bisa Langsung Pantau Penerima Bansos

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Sosial Tri Rismaharini memperkenalkan Data Kesejahteraan Sosial Terpadu (DTKS) yang telah mengalami penyempurnaan.

Penyempurnaan untuk memastikan semua data memiliki identitas tunggal dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sesuai dengan data kependudukan yang dikelola Kementerian Dalam Negeri. DTKS terbaru ini diberi judul DTKS Baru.

“Keutuhan DTKS telah dipulihkan sepanjang Maret dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Menteri Sosial Nomor 12 / HUK / 2021 sehingga menjadi DTKS Baru,” kata Risma di Kantor Kementerian Sosial. , Jln Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: CEK Bansos Rp 300 ribu pada April 2021: Login dtks.kemensos.go.id, Bawa KTP Anda saat penarikan

DTKS baru akan dibentuk setidaknya setiap bulan untuk memastikan peningkatan integritas. Sekaligus mengakomodir dinamika sosial masyarakat.

Saat ini data penerima bansos yang telah disalurkan dan atau masih dalam proses dapat diakses melalui aplikasi berbasis web di http://cekbansos.kemensos.go.id.

Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat memantau penerima bansos untuk Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bansos Tunai dengan menyebutkan nama dan desa kelurahan tempat tinggalnya, “ucapnya. Risma.

Kemensos berharap aplikasi ini dapat memenuhi hak atas Informasi Publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bansos.

“Fitur dan kapabilitas aplikasi Cekbansos akan terus ditingkatkan sejalan dengan kebutuhan ke depan serta masukan dan ekspektasi masyarakat,” kata Risma.

Pengembangan fitur selanjutnya mencakup proposal baru dan sanggahan atas kesesuaian penerima bantuan sosial.

Baca juga: Cek Penerima Bansos Rp 300.000, Login dtks.kemensos.go.id, Hanya Hingga Akhir April

Proposal baru akan melalui proses verifikasi dan validasi oleh pemerintah daerah untuk menjaga integritas data.

Jika ada sanggahan, Kemensos bisa mengundang perguruan tinggi untuk melakukan proses pengawasan mutu.

“Masukan perguruan tinggi akan menjadi pertimbangan Kemensos dalam menentukan kesesuaian kepesertaan dalam program bansos,” pungkas Risma.

Informasi terkait bansos yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial yaitu PKH, BPNT dan BST dapat diberikan melalui website resmi Kementerian Sosial yang menggunakan domain atau alamat kemensos.go.id




Source