Mensos Siap Membantu Penanganan Tanah Datar di Makassar

Risma mengatakan, bukan tugas Kementerian Sosial yang melakukan penangkapan gepeng.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR – Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan pihaknya siap mengambil alih untuk membantu mengatasi masalah perambah atau pengemis jalanan yang cukup marak, khususnya di Makassar. “Tolong kalau daerah mau serahkan ke kami, kami bantu selesaikan,” kata Rismaharini usai menyerahkan ganti rugi kepada ahli waris penembakan Papua dan bom Makassar di Makassar, Selasa (20/4).

Dijelaskannya, Kementerian Sosial telah melakukan pembinaan atau pengemis jalanan di berbagai kota termasuk Bekasi dan Jakarta. Kementerian Sosial, kata dia, sedang menyiapkan pusat pelatihan keterampilan untuk diajarkan kepada pengemis dan anak-anak ceper, agar mereka memiliki kemampuan melakukan sesuatu.

“Untuk pemberdayaan kita banyak lakukan di Jakarta atau Bekasi. Banyak yang sudah bekerja dan banyak yang sudah mendapatkan penghasilan,” ujarnya di Balai Diklat Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makassar.

Meski demikian, ia menegaskan, bukan tugas Kementerian Sosial untuk melakukan penangkapan terhadap perambah atau pengemis jalanan. “Bukan kewenangan kami untuk menangkap mereka, itu bukan kewenangan kami. Tapi kami siap membantu,” jelasnya.

sumber: Antara




Source