Mentan Resmikan TaniHub National Fulfillment Center (NFC)

    REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo hari ini (21/4) meresmikan National Fulfillment Center (NFC) milik TaniHub. NFC merupakan bagian dari upaya TaniHub Group untuk membangun infrastruktur rantai pasokan pertanian yang komprehensif untuk mendukung permintaan pasar nasional hingga global.

    Syahrul mengungkapkan, upaya yang dilakukan TaniHub menjadi bukti bahwa pertanian bisa berkembang di tangan generasi milenial, dengan sentuhan teknologi yang tepat dan semangat generasi muda pertanian untuk lebih maju, mandiri dan modern.

    “Menurut saya apa yang ditunjukkan TaniHub kali ini dapat menjadi panutan bagi anak muda untuk lebih berperan dan memberikan energi bagi pertanian kita. Yang dilakukan TaniHub tidak hanya sebatas membuka akses pasar bagi petani dengan memfasilitasi komoditas pertanian agar mereka bisa bisa langsung dinikmati masyarakat luas, tapi juga bagian dari upaya menciptakan lapangan kerja di bidang pertanian, ”ujar Syahrul usai meresmikan NFC TaniHub di Cikarang.

    Lebih lanjut dikatakannya, kerja sama Kementerian Pertanian (Kementan) dan TaniHub akan membuka banyak peluang bagi petani untuk mengembangkan usaha taninya. Syahrul mengungkapkan, pihaknya akan mendukung penuh upaya yang dilakukan TaniHub dalam membangun ekosistem yang lebih baik di sektor pertanian.

    “Pengukuhan ini juga merupakan bagian dari upaya bersama dalam membentuk konsep pertanian yang lebih maju dari hulu hingga hilir, di sini kami bisa mendapatkan dukungan bagi petani mulai dari akses pembiayaan hingga aspek digital marketing produk pertanian, dan kami siap mendukung dengan berbagai rekomendasi dan bantuan apa yang kami miliki, ini bukti bahwa kami selalu bergerak menuju pertanian yang lebih maju, ”ujarnya.

    Dalam kesempatan yang sama, CEO TaniHub Group Pamitra Wineka mengatakan pihaknya siap mendukung berbagai program pemerintah dalam mengembangkan pertanian. Ia berharap sinergi yang dilakukan dapat membantu petani memasarkan hasil panennya, serta mampu membuka peluang yang lebih luas dalam menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha dan pengguna akhir.

    “TaniHub merupakan platform yang berdiri sejak tahun 2016, berawal hanya bermodal keinginan untuk membantu kelompok tani dalam memasarkan produknya, kini kelompok TaniHub memiliki tiga unit yang fokus tidak hanya pada akses pasar tetapi juga akses permodalan untuk suplai. masalah berantai, dengan visi Pertanian untuk semua orang. Kami berharap. Keberadaan kami dapat mempercepat dampak positif di sektor pertanian melalui pemanfaatan teknologi informasi, ”jelasnya.

    Lebih lanjut Pamitra menyampaikan bahwa TaniHub merupakan startup pertama yang berhasil membangun konsep NFC dengan teknologi mumpuni hingga kapasitas besar yang mampu memfasilitasi 10.000 transaksi per hari, ia berharap NFC dapat menjadi pintu gerbang bagi TaniHub dalam melayani layanan inbound dan outbound. ke pulau lain di luar Jawa dan Bali serta pasar luar negeri.

    “Kami sangat bangga NFC ini diresmikan oleh Menteri Pertanian, Kementerian Pertanian merupakan stakeholders terpenting kami, kami siap mendukung terlaksananya semua program Kementerian Pertanian, kami siap berjuang untuk mewujudkan cita-cita ketahanan pangan di Indonesia, ”ujarnya.

    Sebagai informasi, pada kesempatan ini Kementerian Pertanian dan TaniHub juga berkesempatan menandatangani kerjasama terkait sumber daya petani, distribusi dan akses pangan melalui pemanfaatan teknologi dan informasi. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dan CEO TaniHub Group disaksikan oleh Menteri Pertanian.




    Source