Menteri Agama: Batas Akhir Penyiapan Pelayanan Haji Telah Lewat

    Persiapan haji berdasarkan skenario pemerintah sudah terlambat.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan tenggat waktu kepastian kuota jemaah terkait penyelenggaraan ibadah haji berdasarkan skenario pemerintah meleset. Namun, Arab Saudi belum memberikan kepastian terkait pelayanan jamaah dari luar negeri.

    “Pemerintah Kerajaan Arab Saudi belum bisa memberikan kepastian apakah pelaksanaan haji 1442 Hijriah akan dilaksanakan seperti tahun 2020, yakni untuk jemaah dalam negeri atau mengundang jemaah haji asing,” ujarnya dalam rapat gabungan dengan KPK. VIII Parlemen Indonesia di Jakarta, Senin (31/5).

    Menag mengatakan, berdasarkan skenario, jika kuota jemaah haji 30 persen atau hanya 60.996 orang, maka pemerintah Indonesia perlu mendapat kepastian dari Arab Saudi maksimal pada 11 Mei 2021 agar bisa mempersiapkan diri menghadapi keberangkatan jamaah pada 27 Juni 2021.

    Lebih lanjut dia menjelaskan, jika kuota haji 25 persen, maka seharusnya pemerintah mendapat kepastian pada 14 Mei, jika mendapat kuota 20 persen, maka harus kepastian pada 17 Mei, dan jika mendapat kuota 10 persen maka itu. membutuhkan kepastian pada 25 Mei agar bisa menyiapkan layanan. untuk peziarah.

    sumber: Antara



    https://www.republika.co.id/berita/qtyxeb313/menag-tenggat-persiapan-pelayanan-haji-telah-lewat