Menteri BUMN Bersama IndiHome Dorong Masyarakat di Papua

    IndiHome berkomitmen untuk tidak hanya mewujudkan kesetaraan tetapi juga solusi untuk Papua

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Usai menghadiri undangan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2021 pada Sabtu (2/10) lalu, Venusiana, Direktur Layanan Konsumen PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk (Telkom) mendampingi Menpora. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengunjungi komunitas binaan IndiHome di Papua, baik yang bergerak di bidang seni, budaya, maupun pendidikan.

    “Sebagai #InternetnyaIndonesia, IndiHome berkomitmen tidak hanya untuk mewujudkan pemerataan konektivitas digital dari Aceh hingga Papua, tetapi kami juga bertekad untuk menghubungkan kebahagiaan dan menghadirkan solusi nyata bagi masyarakat Papua melalui platform dan layanan digital terbaik,” ujar Venusiana saat menyambut kedatangan Menteri BUMN di Jayapura, Papua. (3/10).

    Dalam kesempatan itu, Erick dan Venusiana berbincang santai dengan Mama Ibo, pendiri Batik Papua ‘Pondok Putri Dobonsolo’ yang bercerita tentang proses ukiran batik Papua yang terinspirasi dari batik di pulau Jawa.

    Menurut Mama Ibo, keunikan Batik Papua terdapat pada ukiran khas dengan ikon Papua, seperti Burung Cendrawasih. Mama Ibo juga menjelaskan bahwa kehadiran IndiHome sangat berarti baginya.

    Komunitas binaan IndiHome lainnya yang dikunjungi adalah Workshop Tifa yang berperan penting dalam menjaga tradisi alat musik ‘Tifa’ Papua. Menurut Denis Koibur, pendiri Bengkel Tifa, selain alat musik Tifa, Bengkel Tifa juga membuat Wai Ron, perahu tradisional suku Biak yang digunakan nenek moyang suku Biak untuk mengarungi lautan. Wai Ron juga biasa mengikuti Festival Kapal Perang di Samarai Papua Nugini.

    Bagi suku Biak, perahu Wai Ron merupakan simbol sakral budaya Biak, termasuk tato di wajah yang juga merupakan bagian dari ciri khas suku Biak Papua. Disinilah peran Workshop Tifa yang dipimpin oleh Denis.

    Lebih lanjut, di bidang pendidikan, Menteri BUMN juga menyaksikan dan mengapresiasi kontribusi IndiHome dalam mendukung keberlangsungan pendidikan bagi generasi muda Papua melalui bantuan kepada Yayasan Panti Asuhan Sayap Kasih, Kampung Harapan, dan Distrik Sentani Jayapura Papua.

    “Kalian adalah aset masa depan Papua, jangan takut bermimpi, saya yakin suatu saat akan lahir pemimpin dari sini. Karena saya tidak pernah menyangka akan menjadi menteri,” jelas Erick Thohir menyemangati anak-anak asuh IndiHome di Yayasan Panti Asuhan Sayap Kasih, Jayapura Papua.

    Sebelumnya, dalam rangka memeriahkan pembukaan PON XX Papua 2021, IndiHome menggelar kegiatan seni musik di tujuh stand berbeda di berbagai venue PON XX. Hadir dalam acara tersebut talenta binaan IndiHome seperti Marcelina Murtya Umar pemenang kompetisi Gita dan Nada Papua bersama IndiHome pada 30 April 2021.

    Acara semakin meriah, pengunjung ikut bernyanyi dengan gembira menyaksikan penampilan Sanggar Tari Vans Palara yang artinya pecinta alam bebas dengan mayoritas anggota masyarakat berusia dari anak-anak hingga remaja.

    Dalam pelaksanaan PON Papua XX 2021, TelkomGroup hadir sebagai mitra telco platinum resmi melalui penyediaan konektivitas digital, platform digital, dan layanan digital dalam berbagai lokasi.

    TelkomGroup menyediakan layanan internet dengan total bandwidth lebih dari 11,5 Gbps yang dilengkapi dengan sistem backup (cadangan), termasuk keamanan pada keamanan jaringan. TelkomGroup menyediakan 142 IndiHome, 427 titik akses internet nirkabel (WiFi), 2 Satellite News Gathering dan 4 media center yaitu 1 media center utama di Kota Jayapura dan 3 media center mini di Kab. Jayapura, Kab. Mimika, dan Kab. Merauke.



    https://www.republika.co.id/berita/r0lf3e349/menteri-bumn-bersama-indihome-semangati-komunitas-di-papua