Menteri ESDM: Peran Penting Gas dalam Transisi Energi Indonesia

    Menteri ESDM mengundang investor karena transisi energi membutuhkan teknologi dan dana

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan peran gas bumi penting dalam transisi energi di Indonesia. Terutama menuju energi yang lebih ramah lingkungan dan mengundang investor dari Uni Emirat Arab (PEA) untuk berinvestasi di Indonesia.

    Ini katanya ketika sayamemenuhi undangan Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab (PEA), HE Suhail Mohamed Al Mazrouei, sebagai pembicara tamu VIP pada Opening Ceremony-The 2021 Gastech dalam sesi Ministerial Panel.

    “Peran pertama gas bumi dalam membangun perekonomian adalah gas bumi masih berperan penting dalam menjembatani transisi energi. Gas juga akan membantu mengembangkan teknologi energi bersih untuk bahan bakar fosil dan mempercepat pengurangan emisi,” kata Arifin.

    Optimalisasi penggunaan gas dan disertai dengan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang terbukti ramah lingkungan, bertujuan untuk dapat mewariskan kehidupan yang lebih baik kepada generasi muda di masa depan. Untuk alasan ini, proses transisi membutuhkan dukungan finansial dan teknologi.

    “Kami berusaha mendukung niat dunia global untuk menyediakan energi berkelanjutan untuk perubahan iklim di masa depan. Kami akan melakukan ini sesegera mungkin dan selama mungkin, dalam arti menyesuaikan dengan kemampuan kami untuk melakukannya. Dengan sumber daya yang melimpah. dan permintaan yang tinggi, kami membutuhkan dukungan finansial dari dunia internasional,” lanjut Arifin.

    Diskusi panel pembukaan Gastech 2021 juga dihadiri oleh Menteri Energi dan Infrastruktur PEA, Suhail Al Mazrouei, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Turki, Alparslan Bayraktar, Menteri Energi Qatar, Saad Sherida Al-Kaabi , dan Sekjen OPEC Mohammad Barkindo Sanusi. Menteri Arifin juga menjelaskan bahwa Indonesia memiliki sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan yang masih dapat dikembangkan dengan potensi yang lebih besar lagi dan mengundang investor untuk berinvestasi di Indonesia.

    “Indonesia memiliki sumber energi terbarukan, beberapa potensi energi terbarukan Indonesia masih dapat dikembangkan. Dari sisi regulasi, Indonesia telah melakukan pembenahan perizinan menjadi lebih sederhana agar investor lebih tertarik untuk berinvestasi di Indonesia, dan mengambil peluang baru yang ada. ,” jelas Menteri Arifin.



    https://www.republika.co.id/berita/qzx80j349/menteri-esdm-peranan-gas-penting-dalam-transisi-energi-ri