Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya: ‘Pembangunan Hijau’ Sudah Diterapkan di Indonesia

    Wartawan Tribunnews.com, Johnson Simanjuntak

    TRIBUNNEWS.COM, INDRAMAYU – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengatakan, Taman Margasatwa dan Ekoriparian Tjimanoek, Indramayu, Jawa Barat merupakan langkah dan bukti nyata implementasi pembangunan hijau di Indonesia.

    “Apa yang kita lihat dan saksikan hari ini, sejak dulu di Taman Kehati Indramayu dan sekarang di Ekoriparian Tjimanoek merupakan langkah dan bukti nyata implementasi green development di Indonesia,” kata Menteri Siti Nurbaya saat meresmikan Ekoriparian Tjimanoek, di Indramayu. , Jawa Barat, Senin (13/12/2021).

    Baca juga: Menteri LHK: Pengusaha Sektor Kehutanan Tak Khawatir dengan Putusan MK Soal UU Cipta Kerja

    Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ekoriparian Tjimanoek mengatakan, yang kita nikmati saat ini baru tahap awal dari tiga tahap pembangunan lengkap.

    Terkait dengan itu, Siti Nurbaya menyampaikan apresiasi dan apresiasinya kepada Direksi PT Polytama Propindo dan tentunya juga kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu yang telah melakukan upaya pengurangan potensi pencemaran lingkungan dan berkontribusi dalam pengurangan gas rumah kaca serta dalam upaya menjaga stabilitas iklim global.

    Baca juga: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Dukung Gerakan Pemuda Pulihkan Lingkungan

    “Selain fungsi tersebut, saya juga berharap kedua fasilitas ini dapat menjadi sarana pendidikan, wisata kuliner dan budaya serta sumber ekonomi baru bagi masyarakat Indramayu pada khususnya,” ujarnya.

    Menurut Siti Nurbaya, semua langkah tersebut tidak akan berhasil tanpa dukungan semua pihak, terutama masyarakat.

    Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya mohon dukungan dan peran serta masyarakat dan tentunya peran Pemerintah Daerah dalam menjaga dan memelihara fasilitas ini, agar kita dapat menikmati manfaatnya secara berkelanjutan.

    Baca juga: Gakkum KLHK Sumatera Gagal Jual 36,7 Kilogram Sisik Trenggiling dan 1 Paruh Rangkong

    Sementara Plt. Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sigit Reliantoro mengatakan, pembangunan Taman Margasatwa dan Ekoriparian Tjimanoek merupakan bentuk kerjasama antara dunia usaha, pemerintah daerah, dan kementerian lingkungan dan kehutanan untuk pembangunan infrastruktur hijau.

    “Pengembangan infrastruktur hijau ini memiliki ciri antara lain penerapan pengetahuan inovatif tentang alam, terinspirasi dari hasil alam, meniru proses alam untuk menyelesaikan masalah lingkungan dan sosial secara efektif sekaligus memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” kata Sigit.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/12/13/menteri-lhk-siti-nurbaya-green-development-telah-diterapkan-di-indonesia