Menteri Perhubungan: Setiap jam 2-3 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas

    Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Hari Darmawan

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia setiap jam menewaskan 2-3 orang.

    “Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara, khususnya transportasi yang membawa penumpang,” kata Budi Karya Sumadi dalam webinar tentang Sinergi Pemerintah dan Operator dalam Mewujudkan Transportasi yang Aman, Selasa (20/4/2021).

    Baca juga: Kecelakaan mobil terbelah dua, menabrak pohon hingga 3 orang tewas di tempat

    Menurutnya, angka kecelakaan di Indonesia sendiri masih tinggi, hal ini terlihat dari data Kepolisian Negara Republik Indonesia yang menunjukkan lebih dari 500 ribu kecelakaan terjadi dengan 164 ribu orang meninggal.

    Baca juga: Penyebab Banyaknya Laka Yang Mengangkut Truk dan Bus Menurut Pejabat Kementerian Perhubungan

    Sedangkan angka kecelakaan fatal mencapai 29.000 dengan jumlah korban meninggal setiap jam 3 sampai 4 orang akibat kecelakaan lalu lintas, kata Budi Karya.

    Budi juga menjelaskan, korban kecelakaan lalu lintas terbesar adalah orang-orang produktif dengan rentang usia 15-65 tahun. Sedangkan umur 0-14 tahun 12 persen dan umur 65 tahun 11 persen.

    “Oleh karena itu, perlu ada kerjasama antara berbagai pihak mulai dari pemerintah hingga elemen masyarakat untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas,” kata Budi.

    Melalui webinar yang diadakan hari ini, Budi Karya berharap ada sinergi pemikiran pemerintah dan upaya operator transportasi untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.




    Source