Menyebut Gerhana Bulan sebagai Fenomena Langka, Oki Setiana Dewi: Tingkatkan Zikir, Doa, dan Istigfar

    Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Alivio

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Aktris dan ustazah, Oki Setiana Dewi menyinggung gerhana bulan dalam sebuah postingan di Instagram.

    Ia mengunggah foto tentang tata cara shalat gerhana bulan dan memberikan penjelasan di postingannya.

    Sebelum memberikan hikmah dan nasehat tentang gerhana bulan total, ia menjelaskan secara detail mengapa fenomena ini terjadi

    “Rabu 26 Mei 2021 nanti akan ada gerhana bulan total. Fenomena ini terjadi karena matahari, bumi, dan bulan sejajar,” tulis Oki dalam postingannya, Rabu (26/5/2021).

    “Gerhana diperkirakan berlangsung dari pukul 18:09 hingga 20:51,” tambahnya.

    Baca juga: Suasana Sholat Gerhana Bulan di Masjid Agung Kabupaten Tegal

    Menurut Oki, fenomena ini jarang terjadi, untuk itu pihaknya memberikan pedoman perilaku sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW saat terjadi gerhana bulan total.

    “Sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW, umat Islam diimbau untuk melaksanakan sholat gerhana, meski dalam posisi gerhana bulan sebagian,” ujar pemeran film When Cina Bertasbih itu.

    Tidak hanya itu, beliau juga menganjurkan memperbanyak dzikir dan tidak lupa melakukan amal shalih lainnya.

    “Selain itu, umat Islam juga didorong untuk memperbanyak dzikir, shalat, istigfar, taubat, sedekah dan amal kebaikan lainnya,” tulisnya.

    “Selamat sholat gerhana ya sobat,” pungkas Oki.



    https://www.tribunnews.com/seleb/2021/05/26/sebut-gerhana-bulan-fenomena-langka-oki-setiana-dewi-perbanyak-zikir-doa-dan-istigfar