Menyelaraskan Semangat Bisnis dan Sosial Ala Nova Prastika

    Ia berharap bisa memberikan inspirasi bagi para wanita.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Raden Ajeng Kartini, adalah sosok emansipasi wanita Indonesia yang mempelopori kebangkitan wanita pribumi. Kisah hidupnya mengajarkan perempuan tentang persamaan hak, yang merupakan wujud emansipasi perempuan. Wanita berusaha membuktikan bahwa mereka layak dan dapat melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan pria.

    Perjuangan perempuan setelah itu menyadarkan perempuan Indonesia, banyaknya prestasi yang diraih perempuan Indonesia, baik yang berada di struktur pemerintahan, di bidang akademik, hingga dunia usaha yang biasanya didominasi oleh laki-laki. Kartini saat ini merupakan sosok perempuan yang dinilai mampu menginspirasi perempuan di era modern.

    Salah satunya adalah Nova Prastika Firdausi. Lahir di Jombang, Nova Jawa Timur, pengusaha muda ini mengalami masa-masa menyakitkan dalam hidupnya. Saat itu dia ditipu oleh seseorang hingga ratusan juta rupiah. Meski begitu, ia tak pantang menyerah, dan terus berjuang hingga akhirnya meraih kesuksesannya.

    Memulai usaha sejak masih sekolah, Nova mulai mencoba berbisnis aksesoris dan kue, yang berasal dari keluarga yang pas-pasan, ia harus rela menyisihkan uang jajan untuk menjadi modal usaha, saat itu ia motivasi bisnisnya. setelah bisa mendapatkan uang tambahan untuk menutupi biaya kuliah dan sehari.

    Berkat kegigihannya ia terus berjualan produk kecantikan secara online, dalam dua tahun pertama, Nova berhasil menembus pasar internasional. Kini wanita ini memiliki berbagai bisnis mulai dari toko perawatan kulit online, industri dan penjualan tas, pusat oleh-oleh, jasa kurir hingga memiliki restoran sendiri, dengan omzet hingga 33 miliar per bulan.

    “Kunci suksesnya adalah ketekunan, kerja keras, dukungan dari pasangan, niat yang tulus baik untuk keluarga maupun orang tua, dan kita mampu membuat banyak orang bahagia, tidak hanya untuk diri kita sendiri, jadi setidaknya kita harus bisa bermanfaat bagi mereka. di sekitar kita, “kata Nova. saat ditemui di Jakarta, Senin (19/4).

    Nova mengungkapkan, sebagai seorang wanita yang memasuki dunia bisnis, ia pasti menghadapi banyak kendala, namun semuanya harus dijalani dengan riang dan bahagia. “Kalau orang lain fokus pada kita, kita fokus saja pada tujuan bisnis kita,” ujarnya.

    Meski berhasil mengembangkan usahanya, ia tidak ingin seluruh tenaganya dihabiskan untuk urusan bisnis, malah ia menyisakan sebagian waktunya untuk melakukan kegiatan sosial, seperti mengunjungi panti asuhan. “Saya sudah rutin melakukan kegiatan ini, bahkan sebelum usaha saya mulai berkembang, dan saya ingin begini selamanya, karena yang kita dapatkan, sebagian adalah hak mereka, itulah prinsip saya,” ujarnya.

    Hampir setiap minggu dia menyempatkan diri untuk mampir dan bercanda dengan anak panti asuhan, sesekali dia datang membawa perlengkapan sekolah atau terkadang sembako. Ia juga selalu berharap bisa terus berbakti dan berbagi dengan sesama yang kurang beruntung.

    “Bagi perempuan Indonesia, tetaplah menjadi inspirasi, terus belajar, jangan putus asa, tetap fokus, dan jangan mengikuti arus buruk. Kita harus menempatkan diri kita di tempat yang tepat, kita harus bergaul dengan orang-orang positif yang dapat memberikan dampak positif bagi kita. Bermanfaat, menjadi panutan bagi keluarga, anak-anak dan lingkungan sekitar, jadilah generasi pencari solusi, jangan menjadi generasi pencemooh, ”tandasnya.




    Source