Menyesal Yuyun Sukawati diusir ibunya karena memilih Fajar Umbara, kini malah dianiaya

Laporan Jurnalis Wartakotalive.com, Arie Puji Waluyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pesinetro Yuyun Sukawati menerima tuduhan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan penganiayaan dari suaminya sendiri, Fajar Umbara selama dua tahun menikah.

Sebelum menerima kecurigaan KDRT dan pelecehan, aktris yang juga dikenal sebagai Yuyun Jin dan Jun itu menceritakan awal pertemuan dan hubungannya dengan Fajar Umbara, serta tidak disetujui oleh ibunya sendiri.

“Jadi awalnya kita ketemu waktu aku umur 16 tahun. Nah, waktu itu ya kita dekat dan sama-sama punya karier, sampai akhirnya Fajar sering ke rumah untuk ketemu orang tuaku,” kata Yuyun Sukawati saat ditemui di rumah. Perlindungan Komnas Perempuan, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/4/2021).

Kemudian seiring berjalannya waktu, Fajar dekat dengan orang tua saya dan sering datang bekerja dan tinggal baik di Cirebon maupun di rumah saya di Pondok Indah. Kemudian saya mengenal orang tua saya lebih dekat, ”tambahnya.

Yuyun Sukawati ditemui di Gedung Perlindungan Komnas Perempuan, Jalan Latuharhari, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/4/2021).

Namun seiring berjalannya waktu dan kesibukan karirnya, Yuyun mengaku sempat putus kontak dengan Fajar selama beberapa tahun hingga akhirnya bertemu kembali dan melamar wanita berusia 44 tahun tersebut.

“Saat ketemu, langsung melamar saya. Saat itu ada tiga orang, satu teman kuliah saya, dua dokter, yang ketiga Fajar,” ujarnya.

Setelah berkonsultasi dengan orangtuanya, jurnalis Jin dan Jun itu mengakui bahwa ibu mereka lebih setuju dengan Fajar dibanding dua pria lain yang juga melamar.

Baca juga: Setelah melapor ke KPAI, Yuyun Jin dan Jun mendatangi Komnas Perempuan

Baca juga: Pesinetron Jin & Jun Yuyun Sukawati Alami KDRT, Tak Bisa Lagi Memaafkan Suami Setelah Anak Jadi Korban

“Tapi saat itu saya tidak tahu kalau Fajar itu orang yang temperamental,” ujarnya.

Kemudian, perempuan kelahiran Cirebon, 10 Maret 1977 ini menikah dengan Fajar pada 2019 lalu. Yuyun mengaku, baru sehari setelah pernikahan, adik dari sutradara kondang Anggi Umbara itu langsung melancarkan aksi kekerasan.

Yuyun Sukawati dan pengacaranya saat tiba di Komnas Perempuan, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2021).
Yuyun Sukawati dan pengacaranya saat tiba di Komnas Perempuan, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2021). (TRIBUNNEWS.COM/BAYU INDRA PERMANA)

“Di depan ibu saya, dia menendang pintu kamar anak saya sambil mengucapkan kata-kata kasar. Otomatis ibu saya marah dan kesal sampai akhirnya dia berkata, ‘sambil nikah sebentar saja. Kamu pilih Ibu dan anakmu atau Fajar?’ jadi, ”jelasnya.

“Terus pilih Fajar karena dia suamiku. Lalu kami diusir, Fajar dan aku bawa anakku tinggal di Jakarta,” imbuhnya.

Namun, ada rasa penyesalan yang besar bagi Yuyun Sukawati saat ibunya meninggal dunia. Sebab, ia merasa tidak patuh memilih Fajar ketimbang almarhum ibunya.

“Makanya sampai ibu saya meninggal, maafkan saya. Karena ternyata orang tua saya sejak awal nikah curiga Fajar tidak benar. Eh ternyata benar, saya dianiaya selama dua tahun nikah, kata Yuyun Sukawati.




Source