Mihrab merupakan elemen penting dari sebuah masjid

Salah satu elemen penting masjid adalah mihrab.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO — Mihrab merupakan salah satu elemen penting dalam interior masjid. Praktisi seni Universitas Helwan Mesir, Yara Hatem mengatakan, sebelum pengeras suara dipasang, para pendeta meneriakkan adzan di mihrab. Gema suara yang muncul menarik jemaah untuk segera menyusun shaf shalat.

“Inilah mengapa mihrab menjadi elemen penting dalam interior masjid,” kata Yara Hatem, asisten dosen Fakultas Seni Rupa Universitas Helwan, seperti dilansir Antara. Ahram Online pada Kamis (8/4).

Hatem mengaku selalu terpesona dengan mihrab, terutama di Masjid Ghouri dan mausoleum di Jalan El-Muez.

“Kedua mihrab ini memiliki semuanya, desain geometris dan floral, bahan yang banyak pilihannya, pengaruh tradisi seni pra-Mamluk semuanya ada dan keduanya indah dan sederhana,” tambahnya.

Ketertarikan Hatem pada kedua mihrab tersebut mendorongnya untuk menemukan inspirasi dari desain eksterior dan interior kontemporer dalam arsitektur Islam.

“Semakin banyak waktu yang saya habiskan untuk melihat dan memeriksa detail kedua mihrab ini, semakin banyak item yang saya temukan di sana untuk mendapatkan inspirasi dari banyak hal yang bisa dilakukan pada dinding, balkon, dan fasad bangunan yang kami bangun,” ujarnya. .

“Arsitektur Islam selalu sangat fleksibel dalam sifatnya – dalam mengadopsi pengaruh dan bermain dengan material dan teknik. Itu selalu berkembang dan tidak pernah dimaksudkan untuk menyalin dan menempel, “tambahnya.




Source