Mohammad Nasir dalam Konferensi Wartawan Dunia: Pers Berperan dalam Sosialisasi Penanganan Covid

    TRIBUNNEWS.COM, SEOUL – World Journalists Conference (WJC) 2021 di Korea akan berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (19-20 / 4/2021) dengan 60 wartawan dari 50 negara, termasuk delegasi dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)). pusat yang mengusulkan pentingnya rapat perencanaan cakupan yang komprehensif dan perlunya road map dalam sosialisasi penanganan Covid-19.

    Perdana Menteri Republik Korea Chung Sye-Kun dalam sambutannya pada acara pembukaan pada Senin (19/4) sore mengatakan bahwa dunia sudah mengetahui betul dampak pandemi Covid-19 yang membawa perubahan besar. di seluruh dunia, dengan cara yang menyakitkan.

    Perubahan terjadi dengan cepat dan meluas. Dalam situasi seperti itu, dibutuhkan media untuk memberikan informasi melalui informasi yang benar.

    “Sudah menjadi kewajiban kita pada konferensi ini untuk bekerjasama dan mengkoordinasikan informasi dalam persiapan setelah periode Covid-19 berakhir. Namun, keberadaan kita di global village ini telah mengajarkan bahwa pencegahan penularan virus oleh satu negara saja tidak cukup untuk menghentikan penyebarannya, “kata Presiden Asosiasi Jurnalis Korea (JAK), Kim Dong Hoon dalam konferensi yang diadakan secara online dan dikendalikan dari Pusat. Pers Korea di International Convention Hall, Seoul.

    Kim Dong Hoon berharap para pembicara dan peserta yang hadir dapat berbagi konten diskusi selama konferensi ini, dan menyebarkannya kepada publik di negaranya masing-masing.

    “Meskipun kami berada dalam situasi sulit karena pandemi Covid-19, kami meminta Anda untuk aktif memberikan pendapat dan rekomendasi pada konferensi ini, sehingga kami dapat mewujudkan impian kemanusiaan kami,” kata Kim Dong Hoon.

    Pada sesi konferensi pertama yang dipandu oleh moderator Min-ho Jung, Head of the Department of International Relations of Korean Journalists Association yang juga merupakan Editor Konten Digital di Korea Times, mengangkat tema The Prospect of Post Covid Era dan the Role of Jurnalisme.

    Pada kesempatan sesi pertama pemateri delegasi Persatuan Wartawan Indonesia Pusat (PWI), Mohammad Nasir menyampaikan pemaparannya yang bertajuk Peta Jalan Pers Indonesia Melawan Covid-19.

    “Siapa bilang pers tidak berperan dalam penanggulangan pandemi virus corona (Covid-19)? Media pers sebagai pilar keempat demokrasi tidak memiliki alat kesehatan, masker, pelindung diri, dan vaksin Covid yang dibutuhkan masyarakat, Namun pers memiliki peran dalam mensosialisasikan seluruh rangkaian program penanganan pandemi Covid-19 hingga tuntas, ”jelas Nasir mengawali paparannya.

    Menurut Nasir yang juga Direktur Kesejahteraan dan Pengabdian Masyarakat PWI Pusat, saat Pandemi Covid-19, Pers mengarahkan perencanaan pemberitaan sesuai road map hingga pos akhir penanganan Covid-19.




    Source