Momen Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Dunia Kerja Lebih Besar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Peran Kartini saat ini di perusahaan dan dunia bisnis semakin dibutuhkan untuk menghadirkan perspektif dan solusi yang berbeda.

Apalagi dalam kondisi pandemi yang sulit, sehingga perusahaan tidak hanya bertahan tetapi terus berkembang.

Menurut laporan tahunan Grant Thornton ‘Women in Business 2021’, yang baru-baru ini diterbitkan, jumlah wanita di posisi manajemen senior di perusahaan secara global telah meningkat sebesar 31 persen.

Hasil survei juga menunjukkan, jumlah perempuan yang menduduki posisi di level C-Suite (CEO dan COO) meningkat 26 persen dibandingkan level tahun lalu yang hanya 20 persen.

Baca juga: Diperingati Setiap 21 April, Ini Biografi Singkat RA Kartini dan Sejarah Berdirinya Hari Kartini

Wanita yang berada di posisi Chief Finance Officer (CFO) juga mengalami peningkatan hingga 36 persen, yang sebelumnya hanya 30 persen secara global.

Hal ini menunjukkan bahwa cara pandang wanita dalam dunia bisnis di seluruh dunia telah memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan bisnis perusahaan.

CEO / Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johanna Gani mengatakan peran Kartini modern dalam dunia bisnis saat ini menjadi jauh lebih penting, terutama saat terjadi pandemi.

“Meski hasil terbaru laporan Women in Business menunjukkan peningkatan yang positif, namun jika melihat perkembangan peran perempuan di negara lain, masih banyak potensi perempuan Indonesia untuk lebih berperan aktif di perusahaannya. , ”jelas Johanna, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Hari Kartini, 21 April: Inilah Sejarah dan Kumpulan Kutipan Bijak RA Kartini

Ia menyampaikan bahwa Grant Thornton sangat mendukung peran perempuan untuk selalu menggali potensi dirinya untuk berkontribusi pada dunia bisnis dan menjadi inspirasi bagi perempuan lain.

“Kesetaraan gender saat ini juga perlu terus dikembangkan agar perempuan tidak hanya mampu membantu perusahaan yang dipimpinnya untuk berkembang tetapi juga memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat sekitar,” tambah Johanna.




Source