MTQ Padang Panjang Caravan Ikuti Training Camp

    Karavan Padang Panjang terdiri dari 73 orang.

    REPUBLIKA.CO.ID, PADANG PANJANG — Karavan MTQ Kota Padang Panjang fokus berlatih untuk mengasah keterampilan jelang gelaran akbar MTQ Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumbar pada 12-19 November 2021. Karavan Padang Panjang yang beranggotakan 73 orang itu saat ini sedang mengikuti training camp kedelapan di Mifan Water Park yang akan berlangsung 1-3 Oktober mendatang.

    Salah satu pembimbing Hafizh Quran 1 Juz dan 5 Juz Aji dan Non Hafizh dari LPTQ Sumbar, Bakri, mengatakan mentornya berpotensi meraih nominasi. “Cukup kompetitif. Beberapa cabang ini berpotensi untuk dicalonkan. Kami berharap bisa lebih rajin dan lebih rajin lagi. Masih ada satu bulan lagi. Semoga prestasi di cabang ini menjadi kenyataan,” kata Bakri, Sabtu (2/10).

    Dalam cabang penulisan ilmiah Al-Qur’an, para peserta berlatih mengeksplorasi tema Covid-19 dan moderasi dalam Islam sebagai rahmatan lil’alamin. Pelatih cabang ini, Fahmi, mengatakan, kertas itu terdiri dari 10-15 halaman. Pada MTQ nanti, mereka berharap perwakilan di cabang ini bisa memberikan yang terbaik.

    Fahmi mengatakan pada cabang karya tulis ilmiah Al-Qur’an ini, Padang Panjang pernah meraih juara III MTQ Nasional Provinsi Sumatera Barat di Pasaman Barat 2013. “Kami juga pernah meraih juara pertama di Sawahlunto tahun 2015, kedua tahun 2017, dan ketiga di Solok tahun 2019,” kata Fahmi.

    Kasubbag Pembinaan Mental Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Padang Panjang Zamri mengatakan, dari 37 cabang yang diperlombakan, ada beberapa cabang yang tidak diikuti karavan Padang Panjang. Cabang-cabang tersebut, yaitu menghafal 500 hadits tanpa rantai (laki-laki/perempuan), menghafal 100 hadits bersanad (perempuan), tafsir bahasa Arab harus menghafal 30 juz (perempuan), dan hiasan khat (perempuan).

    “Untuk hafalan hadits masih pameran. Yang pertama di MTQ ke-39. Jadi tidak mempengaruhi hasil. Kemudian, nanti setelah pemusatan latihan selesai di etape 10, lima hari sebelum MTQ, kafilah akan dikarantina. Kita doakan Kota Padang Panjang mencapai hasil yang maksimal,” kata Zamri.



    https://www.republika.co.id/berita/r0dj6r366/kafilah-mtq-padang-panjang-ikuti-pemusatan-latihan