Mulai Hari Ini, Polri Gelar Operasi Pemberantasan Pungli dan Premanisme di Seluruh Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Polri akan melakukan operasi pemberantasan pungli dan premanisme secara serentak di seluruh Indonesia, mulai Jumat (11/6/2021).

Instruksi tersebut diturunkan langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui Asisten Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto kepada Kepolisian Daerah beserta jajarannya di seluruh Indonesia mulai hari ini, Jumat (11/6/2021).

“Asop Kapolri akhirnya memberikan instruksi, memberikan arahan kepada seluruh jajaran di seluruh Indonesia untuk melakukan operasi terhadap premanisme,” kata Kabag Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono dalam keterangannya, Jumat (11/6/2021). .

Baca juga: Jokowi Panggil Kapolri, Dalam Beberapa Jam, 24 Pelaku Pemerasan di Jakarta Utara Ditangkap

Baca juga: Polisi Panggil 7 Pelaku Pemerasan ke Sopir Truk di Tanjung Priok yang Bekerja Sebagai Pegawai Pelabuhan

Menurut Argo, instruksi ini merupakan tindak lanjut dari permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memanggil Kapolri Jenderal Listyo untuk memberantas premanisme.

“Jadi kemarin Presiden ada di Tanjung Priok lalu sempat berdialog di sana, ternyata sopir peti kemas itu khawatir,” jelasnya.

Argo mengatakan, pihaknya melalui Polda Metro Jaya juga telah menangkap 49 orang tersangka pemerasan dan pemerasan di kawasan Tanjung Priok.

“Modus operandi preman minta uang tip kepada sopir Rp 10 ribu hingga Rp 20.000. Ini tugas pokok Polri, kita juga sudah surat ke Polda, Polda Jatim juga akan terima surat itu dan segera bertindak,” jelasnya.

Baca juga: Baru kemarin Jokowi telepon Kapolri minta pemberantasan preman dan pungli, hari ini polisi mengamankan 49 orang

Lebih lanjut Argo menyatakan, pihaknya akan menindak tegas praktik premanisme agar tidak terus berkembang.

“Tidak hanya di pelabuhan, tapi di tempat-tempat lain pun terjadi pungli atau pun pemerasan seperti itu, akan kami tindak,” ujarnya.

Sebagai informasi, tindakan preventif yang telah dilakukan Polri adalah bekerjasama dengan Babinsa dan Babinkabtimas.

Selain itu, mengerahkan Polres dan Polsek untuk memberikan edukasi pencegahan terorisme.



https://www.tribunnews.com/nasional/2021/06/11/mulai-hari-ini-polri-gelar-operasi-pemberantasan-pungli-dan-premanisme-di-seluruh-indonesia