Mural Viral di Pasuruan, Kini Leaflet Terpaksa Sehat di Negeri Sakit Muncul di Cijantung

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Selebaran bertuliskan ‘Dipaksa Sehat di Negeri Sakit’ kini bermunculan di Jakarta Timur.

    Tepatnya di halte Wijaya Kusuma, Desa Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo.

    Beberapa waktu lalu artikel Dipaksa Sehat di Negeri Sakit muncul dalam bentuk mural di Jalan Diponegoro, Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

    Mural di Kecamatan Bangli Kabupaten Pasuruan sebelum dan sesudah dihapus. Mural ini dihapus oleh masyarakat setempat karena dianggap tidak pantas (ist)

    Menurut wartawan TribunJakarta.com, di bagian bawah kalimat ‘Dipaksa Sehat di Negara Sakit’ dalam selebaran tersebut terdapat tagar yang bertuliskan #melawan Covid-19 dan #menolak dibodohi.

    Didi (47), warga sekitar mengaku tidak tahu pasti sejak kapan selebaran itu dipasang dan siapa pembuatnya.

    “Entahlah, saya sendiri baru tahu ada selebaran yang ditempel. Tapi sepertinya masih baru, mungkin sekitar satu atau dua hari, atau baru ditempel,” kata Didi di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu (21/7). /8/2021).

    Perkiraan waktu penempelan karena pada Jumat (20/8/2021) saat melintasi Jalan Raya Bogor dari Depok menuju Jakarta di Halte Wijaya Kusuma, ia tidak melihat adanya selebaran.

    Kondisi kertas masih terlihat baru, tidak lusuh meskipun terletak di Halte Wijaya Kusuma, Jalan Raya Bogor yang setiap hari dipadati kendaraan karena merupakan akses utama.

    “Saya tidak tahu siapa yang menempel, karena letaknya di pinggir jalan yang dilalui orang. Kalau ditempel di siang hari, orang mungkin tidak menyadarinya, karena ukurannya tidak terlalu besar,” katanya.

    Baca juga: Muncul Lagi Mural di Kota Tangerang: Dipenjara Karena Lapar

    Meski hanya ada satu selebaran dengan tulisan ‘Dipaksa Sehat di Negeri Sakit’ di Halte Wijaya Kusuma, namun ada selebaran dengan pesan serupa terkait penanganan pandemi Covid-19 di lokasi tersebut.



    https://www.tribunnews.com/metropolitan/2021/08/21/muralnya-viral-di-pasuruan-kini-selebaran-dipaksa-sehat-di-negara-yang-sakit-muncul-di-cijantung