Mushola Jabal Nur di Pantai Selatan diresmikan sebagai masjid

    Pesisir Selatan meresmikan Masjid Jabal Nur yang sebelumnya merupakan masjid.

    REPUBLIKA.CO.ID, PESISIR SELATAN – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan meresmikan Masjid Jabal Nur yang dulunya merupakan masjid. Masjid ini terletak di Kampung Gurun Panjang, Nagari Kapuah, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

    Ketua Pessel Institute Rusdianto yang mewakili Bupati meresmikan masjid Jabal Nur berharap dengan disulapnya mushala menjadi masjid akan meningkatkan kualitas dan kuantitas jamaah. “Saya mengajak generasi muda Kampung Gurun Panjang untuk banyak beraktivitas di masjid, untuk kegiatan keagamaan,” kata Rusdianto, Sabtu (10/4).

    Rusdianto berharap semakin banyak generasi muda Pesisir Selatan yang menjadi pecinta masjid. Selama ini ada anggapan bahwa hanya para lansia yang datang ke masjid secara rutin. “Jangan sampai banyak orang, tapi yang beribadah di masjid sedikit,” kata Rusdianto.

    Rusdianto mengatakan ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan dan dipandu dalam pengelolaan masjid. Antara lain membangun dan memelihara masjid sesuai dengan tuntutan dan ajaran Islam, menjaga dan menjaga kehormatan masjid sebagai simbol persatuan umat.

    Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat Gurun Panjang untuk membina dan membina silaturahmi dengan sesama jemaah masjid dan masyarakat sekitar. Kelak, kekeluargaan masyarakat diarahkan pada optimalisasi fungsi masjid sebagai pusat dakwah dan penyebaran agama Islam.




    Source