Muslim Palestina Sholat Idul Fitri Di Luar Masjid al-Aqsa

Sholat Idul Fitri di luar masjid al-Aqsa berlangsung dengan berbagai batasan

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Umat Islam di Yerusalem merayakan akhir bulan suci Ramadhan di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Palestina. Hal ini juga terjadi ketika umat Islam setempat melaksanakan shalat Idul Fitri di luar masjid al-Aqsa dengan berbagai keterbatasan.

Dikutip dari Sputnik, Kamis (13/5), jemaah muslim berkumpul di luar masjid al-Aqsa untuk melaksanakan shalat Idul Fitri. Namun, Presiden Palestina Mahmoud Abbas dilaporkan membatalkan perayaan Idul Fitri karena ketegangan yang sedang berlangsung. Khususnya, ketika puluhan warga Palestina tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza.

Serangan Israel kembali terjadi sebagai tanggapan atas rentetan roket yang ditembakkan dari wilayah Gaza. Sejak itu, kedua belah pihak saling tembak-menembak yang mengakibatkan korban di kedua belah pihak.

The Week melaporkan bahwa militer Israel baru saja merilis laporan terbaru tentang operasi kompleks yang menargetkan militan Hamas melalui serangan udara di Gaza dan Khan Younis. Dalam pernyataannya, mereka mengklaim serangan itu ditargetkan dan mengenai sebagian besar kelompok Hamas yang dekat dengan pimpinan sayap militer kelompok itu.

Hingga saat ini, Hamas belum berkomentar. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel berencana menggunakan tangan besi jika perlu untuk menghentikan protes yang meluas oleh warga Arab yang mengakibatkan cedera, penangkapan, dan kerusakan properti.




Source