Nabi Muhammad adalah orang terbaik dalam garis keturunan

    Orang dengan silsilah terbaik adalah Nabi Muhammad.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Rasulullah SAW adalah orang Quraisy dengan silsilah terbaik. Ibu Nabi, Aminah adalah seorang wanita yang memiliki garis keturunan dan kedudukan terbaik di antara kaum Quraisy.

    Dikutip dalam Sirah Nabawiyah, Ibnu Ishaq berkata: (Kakek Nabi) Abdul Muthalib kembali ke rumah sambil memegang tangan putranya Abdullah (Ayah Rasulullah). Menurut sebagian orang, ketika Abdul Muthalib bersama Abdullah, ia melewati seorang wanita dari Bani Asad bin Abdul Uzza bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr. Wanita itu adalah saudara perempuan Waraqah bin Naufal bin Asad bin Abdul Uzza. Dia berada di samping Ka’bah.

    Ketika wanita itu melihat Abdullah dia berkata: “Wahai Abdullah, kemana kamu akan pergi?” Abdullah menjawab: “Saya akan pergi dengan ayah saya.” Wanita itu berkata: “Kamu memiliki unta sebanyak yang disembelih karena kamu. Berhubungan seks denganku sekarang juga!” Abdullah berkata: Saya bersama ayah saya dan saya tidak dapat menentang pendapatnya atau berpisah dengannya.

    Abdul Muthalib bersama Abdullah pergi ke rumah Wahb bin Abdu Manaf bin Zuhrah bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr. Wahb bin Abdu Manaf pada waktu itu adalah Bani Zuhrah yang memiliki silsilah keturunan terbaik, dan sosok yang paling disegani. Ia menikahkan Abdullah bin Abdul Muthalib dengan Aminah binti Wahb. Aminah binti Wahb adalah seorang wanita yang memiliki silsilah dan kedudukan terbaik di antara kaum Quraisy. Aminah adalah putri dari Barrah binti Abdul Uzza bin Utsman bin Abduddar bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr.

    Ibn Ishaq berkata: Beberapa orang berpikir bahwa Abdullah bertemu Aminah ketika dia diserahkan kepadanya. Abdullah menceritakan kepadanya kemudian Aminah mengandung Rasulullah sallallahu ‘alayhi wa sallam. Setelah itu, Abdullah meninggalkan rumah dan pergi ke rumah wanita yang menawarkan untuk menikah dengannya. Abdullah berkata kepada wanita itu: “Mengapa Anda tidak menawarkan saya pernikahan seperti yang Anda lakukan kemarin?” Wanita itu berkata kepada Abdullah: ‘Cahaya yang ada padamu kemarin sudah tidak ada lagi, telah menghilang. Jadi sekarang aku tidak membutuhkanmu lagi.

    Wanita itu telah mendengar dari saudara laki-lakinya, Waraqah bin Naufal, seorang Kristen yang mengikuti buku-buku yang kuat bahwa akan ada seorang nabi di umat ini.

    Ibnu Ishaq berkata: Abu Ishaq bin Yasar menceritakan kepadaku bahwa dia diberitahu, Abdullah bertemu dengan seorang wanita yang dia cintai selain Aminah binti Wahb. Sebelumnya, Abdullah menggarap tanahnya sehingga bekas-bekas tanah terlihat olehnya. Abdullah meminta wanita itu untuk menikah dengannya, tetapi wanita itu sangat lambat menanggapi Abdullah karena melihat bekas kotoran di tubuh Abdullah. Abdullah segera keluar dari rumah wanita itu kemudian dia berwudhu dan membersihkan tanah yang menempel di tubuhnya, kemudian dia sengaja pergi ke rumah Aminah dan melewati wanita itu. Wanita itu meminta Abdullah untuk menikahinya, tetapi Abdullah tidak menanggapi dan terus pergi ke rumah Aminah. Abdullah memasuki Aminah, dan berhubungan seks dengannya, kemudian Aminah mengandung Rasulullah sallallahu ‘alayhi wa sallam. Tak lama setelah itu, Abdullah berjalan melewati wanita itu dan berkata kepadanya: “Apakah kamu tertarik padaku?” Wanita itu menjawab: “Tidak!! Anda berjalan melewati saya, sementara mata Anda putih. Saya juga mengundang Anda, tetapi Anda tidak menanggapi ajakan saya, lalu Anda masuk ke Aminah, lalu cahaya putih menghilang bersamanya.”

    Ibnu Ishaq berkata: Orang-orang berkata tentang seorang wanita yang berkata kepada Abdullah yang sedang berjalan melewatinya, sedangkan di mata Abdullah ada cahaya putih seperti putih di atas kuda berkata: Saya juga mengundang Abdullah dengan harapan bahwa warna putih itu bisa menjadi milikku sayangnya. dia tidak menanggapi ajakanku. Dia masuk untuk menemui Aminah, lalu berhubungan seks dengannya, kemudian Aminah mengandung Rasulullah sallallahu ‘alayhi wa sallam.

    Demikianlah Rasulullah sallallahu ‘alayhi wa sallam adalah orang Quraisy yang paling baik nasabnya, dan paling menghormati ayah dan ibunya.



    https://www.republika.co.id/berita/r0mwvy430/nabi-muhammad-orang-yang-paling-baik-nasabnya