Narapidana Kabur, Kanwil Kemenkumham Banten Bentuk Tim Pemeriksa

    Narapidana berinisial A kabur dari lokasi pencucian mobil di halaman penjara.

    REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG — Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Banten membentuk tim penyidik ​​untuk mengusut kasus kaburnya narapidana berinisial A dari Lapas Tangerang. Tim penyidik ​​melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah petugas Lapas Tangerang.

    Tim penyidik ​​dibentuk Kanwil Kemenkumham Banten pada Kamis (9/12) atau sehari setelah lolosnya narapidana narkoba berinisial A dari Lapas Tangerang, Rabu (12/8/2021). “Sejak Kamis (9/12) sudah dibentuk tim penyidik ​​terkait peristiwa pelarian tersebut. Bekerja sama dengan Ditjen Pemasyarakatan, kami sudah memberangkatkan tim ke sana (Lapas Tangerang),” kata Kepala Kementerian Hukum dan HAM Banten. Kanwil HAM Agus Toyib kepada wartawan, Minggu.

    Namun, Agus belum bisa menjelaskan hasil pemeriksaan yang dilakukan. Ia mengaku belum menerima laporan dari tim penyidik. “Pemeriksaannya belum selesai, jadi saya juga belum mendapat laporan lengkap dari tim, bagaimana bisa,” ujarnya.

    Ia mengatakan, tim masih dalam proses pemeriksaan petugas Lapas Tangerang untuk dimintai keterangan. Salah satu pihak yang pasti akan dimintai keterangan adalah petugas yang bertugas di tempat cuci mobil atau carwash milik Lapas.

    Narapidana A kabur dari lokasi tempat pencucian mobil yang berada di depan halaman penjara. Saat itu yang bersangkutan sedang diperbolehkan keluar, lalu melarikan diri.

    “Beberapa pihak dimintai keterangan dari bawah, mungkin petugas yang sedang di tempat cuci mobil, petugas yang menjaga atau mengawasi. Jadi kami dimintai keterangan dari pihak ini dulu, baru naik,” jelasnya.

    Secara terpisah, Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Rika Aprianti memastikan pihaknya segera menuntaskan penyidikan terkait pelarian terpidana narkoba tersebut. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengungkapnya.

    “Kanwil Kemenkumham Banten bersama Dittrantib Ditjen PAS kembali sebagai penanggung jawab wilayah telah menurunkan timnya untuk melakukan pemeriksaan terhadap peristiwa pelarian tersebut,” kata Rika.



    https://www.republika.co.id/berita/r417s6428/napi-kabur-kanwil-kemenkumham-banten-bentuk-tim-investigasi