Negara G7 Ingatkan Rusia Akibat Menyerang Ukraina

    IHRAM.CO.ID, MOSCOW–Negara yang tergabung dalam G7 memperingatkan Rusia tentang konsekuensi besar jika menyerang Ukraina. Hal ini dijelaskan dalam draf pernyataan yang dilihat oleh Reuters.

    Dilaporkan dari Al Arabiya, Minggu (12/12), pada pertemuan puncak di kota Liverpool utara Inggris, delegasi G7 mengatakan mereka bersatu untuk mengutuk pembangunan pangkalan militer Rusia di dekat Ukraina. Mereka meminta Moskow untuk mengurangi ketegangan.

    “Rusia seharusnya tidak ragu bahwa agresi militer lebih lanjut terhadap Ukraina akan memiliki konsekuensi serius dan biaya yang berat,” kata rancangan pernyataan itu, yang dikonfirmasi oleh sumber-sumber G7.

    Ukraina berada di pusat krisis dalam hubungan Timur-Barat karena menuduh Rusia mengumpulkan puluhan ribu tentara dalam persiapan untuk kemungkinan serangan militer skala besar. Rusia membantah merencanakan serangan apa pun dan menuduh Ukraina dan Amerika Serikat berperilaku mencurigakan dan mengatakan pihaknya membutuhkan jaminan keamanan untuk perlindungannya sendiri.

    G7 terdiri dari Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Kanada dan Amerika Serikat, dan termasuk perwakilan dari Uni Eropa.

    Rusia telah mempertahankan retorika keras di Ukraina dan membandingkan krisis di perbatasan antara kedua negara sebagai momen paling berbahaya sejak Perang Dingin. Moskow masih menunggu undangan Presiden AS Joe Biden untuk berbicara dengan negara-negara anggota NATO.

    Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri menuduh Ukraina memindahkan artileri berat ke garis pertempuran dengan separatis pro-Rusia di Ukraina timur. Moskow juga mengatakan Kiev telah gagal melibatkan diri dalam proses perdamaian.

    Pada hari Jumat, kantor berita Rusia TASS mengutip Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengatakan apa yang terjadi di Donbass, atau zona konflik timur Ukraina, sekarang ‘mirip dengan genosida’.



    https://www.ihram.co.id/berita/r41dn1335/negara-g7-ingatkan-rusia-konsekuensi-serang-ukraina