Negara yang Menggunakan Vaksin Sinovac dan Alasan Mengapa Lebih Cocok untuk Negara Berkembang

    TRIBUNNEWS.COM – Inilah yang perlu Anda ketahui tentang vaksin Covid-19 Sinovac, negara mana saja yang menggunakannya dan mengapa vaksin dari China ini lebih cocok untuk negara berkembang.

    Melalui skema distribusi vaksin global Covax, produsen vaksin Covid-19 China, Sinovac dan Sinopharm berkomitmen untuk mendistribusikan vaksin ke negara-negara berkembang.

    Dilaporkan BBC.com, Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (Gavi) mengatakan akan menyediakan 110 juta dosis vaksin sebagai bagian dari skema tersebut.

    Covax memiliki perjanjian dengan 11 produsen vaksin dan berencana untuk menyediakan 2 miliar dosis di seluruh dunia pada awal 2022.

    Baik Sinopharm dan Sinovac, yang telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk penggunaan darurat, sudah digunakan di China dan puluhan negara lain di seluruh dunia.

    Namun, apa yang kita ketahui tentang vaksin ini dan negara mana yang menggunakannya?

    Berikut ulasannya.

    Cara Kerja Vaksin CoronoVac Sinovac

    Petugas vaksin menyiapkan vaksin Sinovac yang akan disuntikkan ke siswa SMAN 20 Jakarta, Kamis (1/7/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun dengan menggunakan vaksin Sinovac. Rencananya, vaksinasi untuk kelompok usia anak-anak mencapai 1,3 juta orang di Jakarta. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

    Perusahaan biofarmasi yang berbasis di Beijing, Sinovac, sedang memproduksi CoronaVac, vaksin yang mengandung virus yang tidak aktif.

    Vaksin ini bekerja dengan menggunakan partikel virus yang terbunuh untuk memicu sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus tanpa mempertaruhkan respons penyakit yang serius.



    https://www.tribunnews.com/kesehatan/2021/08/09/negara-negara-yang-gunakan-vaksin-sinovac-dan-alasan-mengapa-lebih-cocok-untuk-negara-berkembang