Netanyahu Menunjuk Pemimpin Mossad Baru

IHRAM.CO.ID, YERUSALEM – Badan intelijen veteran Israel David Barnea ditunjuk sebagai direktur baru badan intelijen Israel, Mossad, menggantikan Joseph Cohen. Barnea kini menjadi wakil direktur Mossad sejak pengumuman resmi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kepada publik pada Senin (24/5).

Cohen mengundurkan diri setelah lebih dari lima tahun memimpin Mossad, dia terlibat erat dalam penjangkauan Israel ke negara-negara Teluk Arab yang menghasilkan kesepakatan damai dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain tahun lalu.

Barnea bergabung dengan Mossad pada tahun 1996, melayani sebagai juru tulis kasus. Dari 2013 hingga pengangkatannya pada 2019 untuk jabatan nomor dua Mossad, ia mengepalai divisi Tzomet, yang menurut laporan media Israel merekrut dan menjalankan agensi tersebut.

Surat kabar Haaretz mengatakan bahwa sebagai komandan Tzomet, Barnea bertanggung jawab untuk mendaftarkan operasi terhadap target prioritas utama Mossad, Iran dan Hizbullah. Nama dan posisi Barnea di Mossad tidak dapat dilaporkan di Israel, di bawah aturan sensor militer, sampai pengumuman dari kantor perdana menteri tentang pengangkatan barunya.

Di sisi lain, Iran menuduh Mossad berada di balik pembunuhan seorang ilmuwan nuklir dan komandan militer serta sabotase di fasilitas pengayaan uranium yang menurut Israel merupakan bagian dari program yang bertujuan untuk memproduksi senjata atom. Sementara itu, Teheran membantah sedang mencoba membangun senjata nuklir.



https://www.ihram.co.id/berita/qtnsca335/netanyahu-tunjuk-pemimpin-baru-mossad