OJK Rekam 85 Fintech Lending Resmi dan Berlisensi Terbaru

    Masyarakat disarankan untuk menggunakan fintech lending yang telah terdaftar/lisensi oleh OJK.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mendaftarkan 85 daftar penyelenggara terbaru fintech peer to peer lending atau pinjaman tekfin terdaftar dan berlisensi. Pada 15 September 2021, OJK menyatakan ada penambahan satu operator pinjaman tekfin berlisensi yaitu PT Lampung Berkah Finansial Teknologi sesuai dengan surat keputusan Dewan Komisioner OJK.

    “Selain itu, ada tujuh pembatalan sertifikat terdaftar pinjaman tekfin akibat ketidakmampuan penyelenggara untuk melanjutkan kegiatan operasional,” tulis OJK dalam keterangan resminya, Rabu (22/9).

    Adapun penyelenggara pinjaman tekfin Pendaftaran OJK yang dibatalkan yakni PT Berkah Fintech Syariah, PT Pundiku Mitra Sejahtera, PT Serba Digital Technology. Berikutnya, PT Solusi Bijak Indonesia, PT Prima Fintech Indonesia, PT Oke Ptop Indonesia, dan PT BBX Digital Technology.

    Jadi, jumlah penyelenggara fintech peer to peer lending atau pinjaman tekfin terdaftar dan memiliki izin OJK sampai dengan 8 September 2021 sebanyak 107 penyelenggara dari sebelumnya 149 penyelenggara pada akhir tahun 2020.

    “OJK menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menggunakan penyedia layanan pinjaman tekfin sudah terdaftar/lisensi dari OJK,” tulis OJK.

    Selanjutnya masyarakat dapat menghubungi OJK 157 melalui nomor telepon atau layanan 157 ada apa 081 157 157 157 untuk memeriksa status izin penawaran produk jasa keuangan yang diterima.

    Sebagai informasi, operator berlisensi adalah perusahaan yang telah memperoleh izin tetap dan memiliki sertifikat Sistem Manajemen Keamanan Informasi SNI/ISO 270001. Sedangkan operator terdaftar adalah perusahaan yang sedang dalam proses pengurusan izin tetap dan wajib mengajukan permohonan izin tetap. izin ke OJK.

    “Saat ini semua operator terdaftar telah mengajukan permohonan dan sedang dalam proses pengurusan izin tetap tersebut,” jelas OJK.



    https://www.republika.co.id/berita/qztjui457/ojk-catat-85-fintech-lending-terbaru-yang-resmi-dan-berizin