OJK Siapkan Cetak Biru Transformasi Perbankan Digital

    Perlindungan data, kolaborasi dan manajemen risiko termasuk dalam cetak biru OJK

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang mempersiapkan blue print transformasi digital perbankan yang akan memberikan arahan bagi perkembangan digitalisasi perbankan. Adapun Cetak biru akan disiapkan OJK bersama asosiasi perbankan.

    Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I OJK Teguh Supangkat menjelaskan cetak biru transformasi digital banking merupakan gambaran yang lebih detail dari pilar kedua percepatan transformasi digital pada road map (peta jalan) Perkembangan Perbankan Indonesia 2020-2025.

    Cetak biru Transformasi perbankan digital akan memberikan arahan bagi perkembangan digitalisasi perbankan yang meliputi beberapa aspek antara lain perlindungan data, kerjasama seperti kerjasama dengan lembaga keuangan dan non keuangan, manajemen risiko, pemanfaatan teknologi, dan tata kelola kelembagaan. Kami berharap tahun ini bisa selesai karena kita sedang berbincang-bincang dengan pemangku kepentingan, ”ujarnya saat jumpa pers seperti dikutip Senin (12/4).

    Dalam percepatan transformasi digital, OJK saat ini sedang menyusun draf POJK untuk Bank Umum dan Kegiatan Usaha Bank Umum. Dalam rancangan ini antara lain akan mengatur persyaratan pendirian bank baru hingga ketentuan mengenai bank yang beroperasi penuh secara digital.

    Teguh mengatakan, saat ini semua bank telah mengarahkan aktivitas perbankan digital. Namun, bank yang beroperasi secara digital penuh masih menunggu rilis POJK tentang Bank Umum.

    “Sedang dalam proses aturan pembuatan aturan, mendapat masukan dari masyarakat, kemudian membahas masukan tersebut, kemudian proses harmonisasi dengan ketentuan lainnya, ”ujarnya.




    Source