Orang Kaya di Indonesia Semakin Banyak Terkena Pandemi Covid-19, Ini Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pandemi COVID-19 telah melanda dunia selama hampir dua tahun. Pertumbuhan ekonomi negara-negara di dunia juga mengalami kemerosotan.

Namun, perusahaan investasi Credit Suisse baru-baru ini mengatakan meski perekonomian sedang mengalami gangguan akibat gejolak tersebut, jumlah orang kaya di berbagai negara justru meningkat dan Indonesia salah satunya.

Dikutip dari situs resmi Credit Suisse dan Financial Times, jumlah orang di Indonesia dengan kekayaan lebih dari 1 juta dollar AS atau jika dikonversikan menjadi Rp. 14,49 miliar, ada 172.000 orang. Angka itu meningkat 62,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Menurut Credit Suisse, faktor yang menyebabkan jumlah orang kaya di Indonesia meningkat meski di tengah pandemi COVID-19 adalah karena kenaikan harga aset yang didorong oleh suku bunga rendah. Dampaknya mendorong naiknya harga aset di pasar keuangan.

Selain di sektor keuangan, harga aset fisik seperti properti masih mencatatkan kenaikan meski lajunya melambat. Pada 2020, misalnya, indeks harga rumah residensial naik 1,55 persen (year on year/yoy).

Baca juga: 10 Politisi Terkaya, Terbanyak dari Partai Demokrat Liberal Jepang Rp 255 Miliar per Tahun

Miliarder di Tanah Air berdasarkan Credit Suisse juga tidak bergantung pada pendapatan bulanan saja. Investasi merupakan sumber pendapatan tambahan, meskipun nilainya melebihi upah tetap yang perkembangannya hanya mengikuti laju inflasi.

Ekonom Faisal Basri di akun twitternya @FaisalBasri juga mentweet tentang peningkatan jumlah orang kaya di Indonesia. Menurut dia, kenaikan orang kaya itu karena kenaikan harga aset.

“Pandemi menyebabkan ekonomi Indonesia turun (kontraksi). Namun, jumlah orang dewasa dengan aset di atas USD 1 juta naik tajam sebesar 61,7%, dari 106.215 orang pada 2019 menjadi 171.740 orang,” kata Faisal di akun Twitter-nya.

Daftar 10 Orang Terkaya

Jumlah orang kaya dan superkaya di Indonesia justru meningkat di tengah pandemi.

Baca juga: Orang terkaya di India lari karena Covid-19, tarif sewa jet pribadi melonjak,



https://www.tribunnews.com/nasional/2021/07/14/jumlah-orang-kaya-di-indonesia-semakin-banyak-imbas-pandemi-covid-19-berikut-daftar-10-besarnya