Orang Takut Dikaitkan dengan Sedekah, Ini Penjelasannya

    IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Dalam firman-Nya, Allah SWT memberikan gambaran tentang orang alim dengan infaq. Mengapa demikian?

    Pertama, infaq adalah kebalikan dari riba yang dilarang oleh Allah SWT (Surat Ali Imran 130). Infaq adalah bantuan kepada orang yang membutuhkan tanpa imbalan.

    Kedua, infaq merupakan sesuatu yang tidak mudah dilakukan karena manusia memiliki fitrah untuk mencintai harta. Oleh karena itu, siapa saja yang mampu menerapkan istiqamah dalam membelanjakan harta baik di lapangan maupun di waktu yang sempit sebenarnya telah menunjukkan ketaatan dan ketundukan. Kedua hal tersebut merupakan indikator ketakwaan.

    Saran dan perintah untuk berdonasi di waktu senggang dapat melatih seseorang untuk menghilangkan rasa sombong, tamak, teraniaya, cinta harta yang berlebihan dan lain-lain. Adapun nasehat untuk bersedekah di masa-masa sulit dapat mengubah sifat ingin selalu diberi daripada memberi.

    Sebenarnya, bagaimanapun manusia itu, dia tetap bisa memberikan sesuatu di jalan Allah, meski sedikit. Dorongan ini ada pada setiap orang tetapi seringkali tidak muncul. Untuk itu, ajaran agama hadir untuk mengkondisikan kesadaran tersebut agar selalu hadir dalam kehidupan.



    https://www.ihram.co.id/berita/qvit66313/orang-bertakwa-dikaitkan-gemar-berinfak-ini-penjelasannya