Pabrik Wig di Purbalingga Terbakar

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA – Pabrik rambut palsu PT Yuro Mustika yang berlokasi di Desa Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, mengalami musibah kebakaran, Jumat (9/4). Akibat kecelakaan ini, ruangan di lantai 1 pabrik terbakar habis.

“Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, karena terjadi tengah malam. Namun kerugian yang dialami cukup besar, karena barang yang diproduksi berada di lantai 1, ” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Purbalingga Umar. Fauzi, Jumat (4/9)

Ia mengatakan, kebakaran di pabrik milik PMA (Perusahaan Modal Asing) asal Korea Selatan itu pertama kali ditemukan oleh petugas keamanan pabrik, Ali Rosiandri (40).

Dia yang saat itu sedang berjaga di pos satpam, melihat adanya api di gedung pabrik lantai 1. Saat itu dia mendekati gedung pabrik dan membuka pintu di lantai 1. ” Petugas keamanan berusaha memadamkan api dengan APAR yang ada. Namun karena apinya semakin membesar, dia memanggil BPBD Purbalingga, ” jelasnya.

Banyaknya bahan yang mudah terbakar menyebabkannya membesar dengan cukup cepat. Saat itu, api telah menjalar ke hampir semua ruangan di lantai 1. Antara lain di ruang celup, ruang sasak, dan ruang pengepakan. “Kami langsung menurunkan tiga unit mobil pemadam setelah mendapat informasi tentang kebakaran di pabrik Yuri Mustika,” kata Umar.

Bahkan, untuk mempercepat proses pemadaman agar tidak menyebar lebih jauh, BPBD juga mengerahkan dua unit mobil tangki air minum. Setelah beberapa jam upaya pemadaman, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 02.30. “Kecurigaan sementara, musibah kebakaran terjadi akibat korsleting listrik,” ujarnya


Source