Pacu Distribusi, Semen Indonesia Gandeng BNI

    Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) menandatangani perjanjian kerjasama solusi rantai nilai digital untuk membiayai distributor mitra SMGR.

    Solusi rantai nilai digital merupakan solusi yang memanfaatkan layanan perbankan digital, berupa fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada distributor mitra SMGR untuk mendukung kelancaran distribusi semen, produk turunan semen, dan bahan bangunan lainnya.

    Baca juga: Semen Indonesia (SMGR) Akan Bagikan Dividen Rp 1,12 Triliun

    Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso mengatakan kondisi ekonomi yang menantang saat pandemi membuat perseroan harus mengoptimalkan modal kerja melalui cash management dengan mempercepat siklus konversi tunai, baik perseroan maupun mitra SMGR.

    Salah satunya melalui solusi digital host to host untuk pembiayaan distributor mitra SMGR dengan harga bersaing, dan solusi agunan ringan.

    “Keunggulan lainnya antara lain transparansi dokumen dan arus kas, real time, proses pencairan lebih fleksibel, kemudahan rekonsiliasi dan administrasi dokumen tagihan, paperless, dan aman,” kata Hendi, Rabu (7/4/2021).

    Menurut dia, untuk memenuhi target penjualan domestik tahun ini, serta rencana peluncuran produk turunan semen dan bahan bangunan lainnya pada kuartal II 2021, potensi pembiayaan mitra distributor mitra masih cukup besar.

    Direktur Utama BNI Royke Tumilaar berharap kerjasama ini dapat mempererat hubungan antara BNI dan SMGR khususnya di segmen usaha kecil dan menengah.

    Ia mengatakan, BNI memberikan skema pembiayaan distributor untuk pembelian produk semen dan bahan bangunan lainnya yang bisa digunakan mitra SMGR

    “Langkah ini dapat mendukung bisnis dan pemberdayaan UKM mitra SMGR,” ucapnya.




    Source