Pahami Kesulitan Masyarakat Akibat Pandemi, Pemerintah Buka Program Kartu Prakerja Gelombang 18

    Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja hari ini membuka Program Kartu Prakerja Gelombang 18.

    Direktur Eksekutif Pengelola Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan pembukaan Program Kartu Prakerja ini merupakan bagian dari upaya pemerintah membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

    “Pemerintah sangat memahami kesulitan yang dialami masyarakat akibat pandemi ini dan berharap masyarakat dapat tetap tangguh dan berkembang dengan memanfaatkan program Kartu Prakerja,” kata Denni, Senin (16/8/2021).

    Denni mengingatkan peserta yang berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja, agar serius mengikuti pelatihan yang dapat menunjang kehidupan ekonomi selama dan setelah pandemi.

    Pelamar Program Kartu Prakerja terbuka untuk semua warga negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas, termasuk pencari kerja, lulusan baru, korban PHK, karyawan dan pengusaha tetapi tidak sedang mengikuti pendidikan formal, tidak terdaftar di Kementerian Sosial DTKS, bukan penerima BSU, BPUM, bukan TNI/Polri, ASN, Kepala Desa/Perangkat Desa, Komisaris BUMN/BUMD, Anggota DPR, DPRD.

    Baca juga: CARA Daftar Kartu Prakerja Batch 18, Login www.prakerja.go.id, Ini Tips Lolos Seleksi

    Program Kartu Prakerja telah berjalan selama 16 bulan dan menerima 8,28 juta peserta dalam 17 gelombang pendaftaran.

    Dimana sebanyak 88% menganggur, 59% dari pedesaan, 47% perempuan, 2,3% mantan TKI, dan 3,6% penyandang disabilitas.

    “Dengan alokasi anggaran yang tersedia pada semester 2 tahun 2021, Program Kartu Prakerja akan mampu memberikan bantuan kepada sedikitnya 2,8 juta penerima yang terbagi dalam beberapa gelombang pendaftaran,” ujarnya.

    Denni secara khusus menyoroti Program Kartu Prakerja yang menghasilkan banyak prestasi, terbukti dari hasil berbagai survei internal dan survei yang dilakukan oleh lembaga atau organisasi independen.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/08/16/pahami-kesulitan-masyarakat-akibat-pandemi-pemerintah-buka-program-kartu-prakerja-gelombang-18