Pakistan Ajak Dunia Islam Bahas Masalah Kashmir

Pakistan mengharapkan dukungan dunia Islam dalam menyelesaikan masalah Kashmir.

REPUBLIKA.CO.ID, MULTAN — Pakistan akan mengundang menteri luar negeri dari negara-negara Muslim ke Islamabad pada Maret 2022 untuk mempresentasikan kasus Kashmir yang diduduki India. Pakistan mengharapkan dukungan dunia Islam dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mahmood Hussain Qureshi mengatakan bahwa Pakistan mempresentasikan kasus Palestina di PBB melalui platform Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Di PBB dia mengaku telah diingatkan tentang Kashmir yang diduduki India (IoK) dan tuntutan serupa dari orang-orang di Palestina dan IoK.

Dia menyoroti kesamaan antara Palestina dan Kashmir karena kedua negara menghadapi serangan, martir, cedera, pemadaman komunikasi, dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya.

“Saya berjanji kepada Anda bahwa cara saya memperjuangkan kasus Palestina, jika Tuhan memberi saya waktu, maka pada Maret 2022 saya akan mengundang menteri luar negeri di dunia Islam ke Islamabad dan mencoba menggalang mereka untuk masalah Kashmir,” kata Qureshi. Waktu Harian, Senin (7/6).



https://www.republika.co.id/berita/quc8o3313/pakistan-undang-dunia-islam-bahas-masalah-khasmir