Pakistan Pinjam Dana ADB untuk Vaksinasi Covid-19

    IHRAM.CO.ID, ISLAMABAD — Asian Development Bank (ADB) telah menyetujui pinjaman $500 juta ke Pakistan untuk membantu pengadaan vaksin Covid-19. Selain itu, untuk memperkuat Pakistan dalam melaksanakan program vaksinasinya.

    Presiden ADB Masatsugu Asakawa, dalam sebuah pernyataan, mengatakan pinjaman ke Pakistan disetujui di bawah Fasilitas Akses Vaksin Asia Pasifik senilai $9 miliar yang diluncurkan pada Desember 2020.

    “Vaksin membantu mengurangi penyebaran dan kematian Covid-19, memulihkan kepercayaan di antara warga, dan sangat penting untuk pemulihan ekonomi,” katanya. Pengamat Pakistan, Sabtu (7/8).

    Dia mengatakan proyek itu akan mendukung rencana vaksinasi nasional Pakistan. Ini memungkinkan dia untuk membeli sekitar 39,8 juta dosis vaksin Covid-19, kotak pengaman, dan jarum suntik.

    Asakawa menambahkan, program ini bertujuan untuk menawarkan dukungan terkait vaksin yang cepat dan adil kepada negara-negara berkembang anggotanya. Dia menekankan bahwa proyek itu akan membantu melindungi kelompok-kelompok rentan di Pakistan.

    Ini adalah bagian integral dari paket mitra pembangunan, untuk membantu pemerintah mengurangi berbagai dampak kesehatan, sosial dan ekonomi dari pandemi. Dia mengatakan ADB menegaskan kembali komitmen penuhnya untuk mendukung Pakistan.

    Asakawa juga mengatakan Pakistan bertujuan untuk memvaksinasi seluruh populasi yang memenuhi syarat sekitar 119 juta orang yang terdiri dari semua yang berusia 18 tahun ke atas. Ini juga memprioritaskan pekerja perawatan kesehatan garis depan, orang tua, kelompok terpinggirkan termasuk pengungsi dan orang terlantar, dan orang-orang dengan penyakit penyerta.

    “Proyek dukungan vaksin Covid-19 ADB akan memberikan pembiayaan untuk memvaksinasi lebih dari 18 juta orang dari kelompok prioritas,” katanya.



    https://www.ihram.co.id/berita/qxgne4335/pakistan-pinjam-dana-adb-untuk-vaksinasi-covid19