Pandemi Mempercepat Perusahaan Adopsi Teknologi Digital

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Accenture Technology Vision 2021, teknologi adalah tali pengaman selama pandemi global. Dengan teknologi, perusahaan dapat menciptakan cara baru dalam bekerja dan berbisnis, menciptakan interaksi dan pengalaman baru, serta meningkatkan kesehatan dan keselamatan.

Teknologi selamanya mengubah ekspektasi dan kebiasaan, dan membawa realitas baru ke setiap sektor industri.

Dengan pergeseran sikap reaktif perusahaan terhadap krisis, telah berubah dengan mencari terobosan-terobosan baru.

Pemimpin yang berani, visioner, dan menggunakan teknologi untuk menguasai perubahan akan menentukan masa depan, menurut laporan tahunan Accenture ke-21 yang memprediksi tren teknologi utama yang akan membentuk bisnis dan industri selama tiga tahun ke depan.

Baca juga: Ada empat potensi maladministrasi, Ombudsman melarang ekspor benih lobster

Dalam laporan berjudul “Pemimpin Dicari: Peluang Perubahan dalam Waktu yang Menentukan” menggambarkan bagaimana perusahaan terkemuka telah mempersingkat transformasi digital mereka dari satu dekade menjadi satu atau dua tahun.

Baca juga: SMF Membukukan Laba Bersih Rp470 Miliar di 2020

Dengan mengandalkan inti digital yang kuat untuk beradaptasi dan berinovasi secepat kilat, para pemimpin mendorong pendapatan 5x lebih cepat daripada perusahaan yang bergerak lambat saat ini.

Padahal dari 2015 hingga 2018, menurut riset dari Accenture, leader hanya mampu bergerak 2x lebih cepat.

Hasilnya adalah gelombang persaingan antar perusahaan untuk merestrukturisasi bisnis mereka dan menggunakan inovasi teknologi untuk membentuk realitas baru yang mereka hadapi saat ini.

Pandemi global mendorong perusahaan untuk berakselerasi ke masa depan. Banyak perusahaan, termasuk di Indonesia, memutuskan untuk menggunakan teknologi dengan cara yang luar biasa, dengan kecepatan yang mereka pikir tidak mungkin, untuk menjaga bisnis dan komunitas mereka tetap berjalan.

“Yang lain menghadapi kenyataan kegagalan mereka dan kurangnya fondasi digital yang dibutuhkan untuk berubah dengan cepat,” kata Kher Tean Chen – Country Managing Director, Accenture di Indonesia.




Source