Pandora Papers Rilis Rahasia Kekayaan dan Skandal Pajak Orang Kaya, Ada 2 Politisi Indonesia

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – The International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) merilis dokumen yang disebut ‘Pandora Papers’.

    ‘Pandora Papers’ berisi kekayaan rahasia elit dunia dari lebih dari 200 negara di seluruh dunia.

    Elit dunia kaya terdiri dari politisi hingga pejabat publik.

    Mereka diduga menyamarkan kekayaan mereka dengan menggunakan perusahaan luar negeri untuk membeli properti serta memanfaatkan negara surga pajak.

    Pandora Papers membocorkan sekitar 12 juta file berupa dokumen, foto, dan email yang mengungkap harta terpendam, penggelapan pajak, dan kasus pencucian uang yang melibatkan orang-orang terkaya dan terkuat di dunia.

    Lebih dari 600 jurnalis di 117 negara terlibat dalam pemrosesan dokumen dari 14 sumber perusahaan keuangan yang berbeda selama beberapa bulan.

    Baca juga: KKP Gelar Penghargaan Karya Jurnalistik dan TikTok Video Challenge, Total Hadiah Rp 100 Juta

    Data tersebut diperoleh oleh International Consortium of Investigating Journalists di Washington DC, dan telah bekerja dengan lebih dari 140 organisasi media dalam penyelidikan tersebut.

    Dikutip dari situs resmi ICIJ, ada sekitar 330 politisi dan 130 miliarder dalam daftar Forbes yang namanya disebut dalam Pandora Papers.

    Selain itu, ada selebritis, pelaku kejahatan penipuan, hingga bandar narkoba dan keluarga pekerja serta tokoh agama yang namanya juga disebutkan dalam daftar.

    ICIJ juga menyebutkan ada dua politisi asal Indonesia yang namanya masuk dalam ‘Pandora Papers’ namun tidak jelas siapa nama kedua politisi tersebut.



    https://www.tribunnews.com/internasional/2021/10/05/pandora-papers-rilis-kekayaan-rahasia-dan-skandal-pajak-orang-kaya-ada-2-politisi-indonesia