Pangeran Harry Menghadiri Pemakaman Pangeran Philip tanpa Meghan

Meghan Markle tidak dapat menghadiri pemakaman Pangeran Philip karena dia hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pangeran Harry dikabarkan akan menghadiri pemakaman Pangeran Philip seorang diri. Istrinya, Meghan Markle, akan tetap tinggal di Amerika Serikat bersama putra mereka Archie.

Melaporkan dari foxnewsMinggu (11/4), Meghan tak menemani Harry karena sedang hamil. Dokter menyarankan Meghan untuk tidak bepergian jauh dalam kondisi ini.

Kehadiran Harry di pemakaman Pangeran Philip akan menandai pertemuan pertamanya dengan keluarga kerajaan Inggris menyusul siaran viral wawancara Harry dan Meghan dengan Oprah Winfrey. Dalam wawancara kontroversial tersebut, Harry mengungkapkan bahwa hubungannya dengan ayahnya, Pangeran Charles, dan adiknya, Pangeran William, tidak baik.

Harry memberi tahu Oprah bahwa keluarga kerajaan Inggris telah berhenti memberinya dukungan keuangan sejak dia mengumumkan bahwa dia pensiun dari menjadi anggota senior keluarga kerajaan pada tahun 2020. Harry membayar layanan keamanan untuk dirinya dan keluarganya menggunakan uang yang diwarisi dari almarhum ibunya , Putri Diana.

Usai menyaksikan wawancara Harry dan Meghan, Pangeran William ingin publik mengetahui kebenaran tuduhan mereka terhadap keluarga kerajaan. Hal ini membuat Pangeran William sulit menahan diri, menurut beberapa sumber.

Karenanya, Pangeran William sedikit berkomentar saat ditanya wartawan soal wawancara Harry dan Meghan. Saat mereka berjalan, Pangeran William menegaskan bahwa keluarga kerajaan Inggris bukanlah keluarga rasis seperti yang dituduhkan oleh Harry dan Meghan.

Upacara pemakaman Pangeran Philip akan diadakan pada 17 April 2021 di Kastil Windsor. Upacara ini akan diadakan dengan kepatuhan ketat dengan protokol kesehatan Covid-19.

Jumlah keluarga kerajaan yang diizinkan menghadiri pemakaman Pangeran Philip akan sangat dibatasi. Belum diketahui apakah anggota keluarga kerajaan yang hadir akan diharuskan memakai topeng atau tidak.

Pangeran Philip meninggal dunia pada hari Jumat, 9 April 2021. Pernyataan resmi mengenai hal ini langsung diumumkan oleh Istana Buckingham pada hari yang sama.

“Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suami tercinta Yang Mulia Pangeran Philip, Adipati Edinburgh, Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor,” tulis Istana Buckingham dalam pernyataan resmi.

Sebelumnya, pada 16 Februari 2021, Pangeran Philip dirawat di rumah sakit. Pada 3 Maret 2021, Pangeran Philip menjalani prosedur untuk mengobati masalah jantungnya di Rumah Sakit St Bartholomew. Kemudian, Pangeran Philip dirujuk kembali ke Rumah Sakit King Edward VII pada 5 Maret 2021 dan diizinkan pulang pada 16 Maret 2021.

Pangeran Philip adalah anggota keluarga kerajaan dengan masa jabatan terlama dalam sejarah Inggris. Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II memiliki empat anak, delapan cucu dan 10 cicit.




Source