Pangeran MBS akan Merevitalisasi Masjid Bersejarah Al-Maldo

Revitalisasi masjid bersejarah Al-Maldini didukung oleh Pangeran MBS

REPUBLIKA.CO.ID, BAHA – Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) berencana menggarap proyek revitalisasi dan pembangunan Masjid Bersejarah Al-Maladewa, di Baha, Arab Saudi. Masjid bersejarah adalah salah satu bangunan tertua dan bersejarah di negara ini.

Dilaporkan pada Agen Pers Saudi, Kamis (22/4), Masjid Al-Maldi merupakan salah satu bangunan bersejarah tertua (1364 H). Terletak di Desa Warisan Al-Mald, wilayah selatan Baha, telah mendapat perhatian dari Proyek Mohammed bin Salman untuk Renovasi Masjid Bersejarah di Kerajaan Arab Saudi.

Desa ini dibangun di atas perbukitan yang menghadap ke Lembah Al-Maldi, dengan dua benteng yang berdekatan membentuk bentuk arsitektur yang khas. Selain sebagai tempat beribadah, masjid ini juga menjadi mercusuar budaya dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat desa tempat banyak diadakan pembelajaran dan ceramah.

Dulu masyarakat desa belajar menulis dan mengaji di Masjid Al-Maldi. Masjid yang menampung sekitar 34 jemaah dengan luas total 90 meter persegi ini memiliki peran sosial yang menonjol bagi penghuninya. Yakni tempat berdiskusi tentang urusan sehari-hari dan menyelesaikan masalah dan perselisihan mereka.

Doa sekarang dilakukan di masjid yang terletak 3 km sebelah selatan kota Baha di jalan menuju Provinsi Baljurashi. Hal ini dibedakan dari konstruksi gaya Sarat yang terdiri dari bebatuan tidak beraturan, sedangkan atapnya dari batang pohon juniper. Masjid terdiri dari tempat shalat, halaman terbuka yang disebut Al-Sih, WC, dan tempat wudhu.




Source