Panglima TNI Resmikan Pembangunan Mako Guspurla Koarmada I di Selat Lampa Natuna

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meletakkan dasar pembangunan Markas Komando Tim Tempur Laut (Mako Guspurla) Koarmada I di Selat Lampa Faslabuh, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau pada Selasa (6/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Hadi mengatakan peletakan batu pertama menandai dimulainya pembangunan Markas Komando Tempur Marinir Komando Operasi Tempur Marinir I Operasi Tempur di wilayah barat Indonesia dan Posko Keamanan Laut Terpadu yang akan menjadi bagian dari memperkuat Satuan Terpadu TNI di Natuna.

“Natuna merupakan kawasan yang memiliki nilai strategis bagi Indonesia. Sebagai pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan South China Sea (LCS). Natuna berperan sebagai garda terdepan untuk memproyeksikan kekuatan TNI ke Kawasan Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI), kata Hadi dalam keterangan resmi di Puspen TNI, Selasa (6/4/2021).

Hadi menjelaskan, karena Mandala Natuna memiliki karakter maritim, kehadiran Mako Guspurla Koarmada diharapkan dapat memperkuat interoperabilitas TNI AL di ranah maritim.

“Saya sangat mengapresiasi TNI AL yang telah melakukan berbagai pembangunan infrastruktur untuk mendukung pelaksanaan tugas di perairan Natuna dan menjadi penguat Satuan Terpadu TNI di Natuna,” kata Hadi.

Baca juga: Menggagalkan kapal nelayan Vietnam di perairan Natuna, Bakamla melepaskan dua tembakan peringatan

Di akhir sambutannya, Hadi mengatakan bahwa dirinya dan Kapolri dapat menginisiasi proses pembangunan Mako Guspurla Koarmada I dan Pos Pengamanan Laut Terpadu menjadi suatu kehormatan.

“Kita semua berharap pembangunan Mako Guspurla berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan kerangka waktu dan anggaran yang direncanakan,” kata Hadi.

Dalam kegiatan tersebut, Hadi didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Laksamana KSAL TNI Yudo Margono.




Source