Pariaman Minta Bantu Wapres Dukung Pembangunan Pelabuhan

    Wako Pariaman Minta Bantu Wapres Dukung Pembangunan Pelabuhan

    REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN – Walikota Pariaman Genius Umar meminta pemerintah pusat membantu pembangunan pelabuhan di kotanya. Genius mengatakan bahwa Pariaman pada zaman dahulu merupakan salah satu pintu gerbang utama menuju Sumatera Barat dan Pulau Sumatera. Tapi sekarang Pariaman tidak punya pelabuhan sama sekali. Ia berharap pemerintah pusat mendukung Pemko Pariaman membangun pelabuhan.

    “Pariaman dulu kota pelabuhan tapi kita belum punya pelabuhan, Pemprov kita sudah ada rencana bangun pelabuhan, dan kita juga minta Wapres membantu membangun pelabuhan di Pariaman,” kata Genius di depan Wapres. Ma’ruf Amin saat pelantikan. Pasar Rakyat di Kota Pariaman, Selasa (6/4).

    Genius menuturkan, perairan Kota Pariaman berhadapan langsung dengan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Mentawai kini dikenal sebagai salah satu magnet pariwisata internasional. Genius ingin Pariaman memiliki pelabuhan sehingga penyeberangan ke Kepulauan Mentawai bisa dilakukan dari daerah tersebut. Selama ini arus transportasi ke Kepulauan Mentawai harus dari Kota Padang.

    “Dulu kita satu wilayah dengan kabupaten induk, kita sama di Kabupaten Padang Pariaman. Kalau itu terjadi akan ada pertumbuhan ekonomi baru, dan tidak hanya di ibu kota provinsi di Padang,” kata Genius.

    Selain meminta dukungan pembangunan pelabuhan, Genius juga meminta pemerintah pusat mendukung pembangunan masjid terapung di Kota Pariaman. Pembangunan masjid terapung telah dimulai oleh Pemko Pariaman pada tahun anggaran 2019 dan 2020. Namun kini proses pembangunan masjid terapung terhenti karena fokus pada anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19.

    Karena itu kami komplain ke Wapres, semoga melalui Kementerian PUPR kami juga bisa menambah anggaran untuk membangun masjid terapung ini. Selamat datang di Pariaman Pak Wapres semoga kedatangan bapak bisa mempercepat pembangunan di kota Pariaman, “tambah Genius.




    Source