Pasar Otomotif AS Tumbuh 8 Persen di Kuartal Pertama

    Tahun lalu, pasar mobil global terpukul keras oleh pandemi.

    REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Tahun lalu, pasar otomotif global dilanda pandemi. Bahkan, hal itu juga terjadi di Amerika Serikat (AS).

    Seiring dengan sejumlah strategi menghadapi pandemi, pasar otomotif AS mulai mengalami pertumbuhan. Melaporkan dari Mobil dan Sopir Sabtu (10/4), peningkatannya cukup signifikan.

    Selama kuartal pertama 2021, total penjualan mobil AS meningkat sekitar 8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tentu, ini menjadi angin segar bagi sejumlah pabrikan global.

    Di AS, beberapa pabrikan yang berhasil membukukan penjualan antara lain Toyota, Honda, Hyundai, Nissan, Subaru, Ford, General Motors (GM), dan Kia. Toyota juga berhasil mencatatkan kenaikan yang cukup tinggi karena pada kuartal pertama penjualan Toyota meningkat sebesar 22 persen.

    Sedangkan GM mengalami kenaikan penjualan sebesar 19 persen. Kenaikan itu sendiri didukung oleh Cadillac yang naik 23 persen dan Buick yang naik 35 persen.

    Selanjutnya, Ford mengalami peningkatan sebesar 23 persen yang dicapai berkat tingginya permintaan truk dan SUV. Sementara Honda membukukan kenaikan 16 persen berkat produk CR-V dan Pilot.

    Melalui peningkatan penjualan merek-merek tersebut, ada keyakinan bahwa hal ini akan terus terjadi di kuartal berikutnya. Padahal, saat ini industri global sedang ditantang oleh kelangkaan chip atau semikonduktor.

    Kelangkaan ini diharapkan segera teratasi sehingga proses produksi kendaraan dapat menampung kebutuhan mobil yang tinggi.




    Source