Pekan Olahraga Nasional 2021

    Odekta mengalami heat stroke di SEA Games 2019.

    REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA — Pelari jarak jauh nasional, Odekta Elvina Naibaho, mengaku trauma dengan heat stroke. Odekta juga berserah diri kepada Tuhan untuk selalu disadarkan hingga finis saat mengikuti lomba lari marathon putri cabang atletik pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX.

    “Tuhan sadar saya, minimal saya sadar, sehat sampai finis, itu saja,” kata Odekta di Kompleks Kuala Kencana, Mimika, Papua, Sabtu.

    Atlet yang mewakili DKI Jakarta ini mengaku trauma di awal pertandingan. Karena dia telah mengalami sengatan panas saat mengikuti final marathon di SEA Games 2019.

    Menyerang sengatan panas –kondisi tubuh yang mengalami peningkatan suhu yang drastis– membuat Odekta saat itu gagal melanjutkan pertandingan. Bayangan kegagalan di Filipina ternyata terus menghantui Odekta hingga PON Papua XX.

    Sepanjang pertandingan, peraih perunggu 10.000 meter putri SEA Games 2019 itu terus berusaha dan berdoa agar tetap sadar dan mampu mempertahankan kecepatan larinya.

    “Jadi stabil banget dari awal, coba-coba waspada.kosong tiba-tiba, turun tiba-tiba naik, sehingga kakinya stabil. Jadi kendalikan diri untuk sadar, Tuhan sadar saya,” kata Odekta.

    Perempuan kelahiran 5 November 1991 itu mengaku sempat kehabisan tenaga karena sebelumnya sempat turun di dua nomor, yakni nomor 5.000 meter putri dan 10.000 meter putri. Namun, tekad yang kuat untuk menuntaskan perjuangannya hingga akhir, membuat atlet kelahiran Desa Soban, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara ini berhasil menjadi yang pertama mencapai garis finis dengan catatan waktu 2 jam 48 menit 46 detik.

    Bahkan, Odekta mampu mempertajam catatan waktu pribadinya. Catatan waktu terbaik Odekta sebelumnya adalah 2 jam 55 menit dan 31 detik yang ia cetak di PON XIX Jabar 2016.

    Odekta berhasil membawa pulang tiga medali emas dari ajang PON Papua XX. “Medali emas ini saya persembahkan untuk Tuhan, untuk keluarga, untuk tim, untuk seluruh masyarakat DKI Jakarta, dan untuk semua yang mendoakan saya,” ujar Odekta.

    sumber : Antara



    https://www.republika.co.id/berita/r0pwlc257/odekta-elvina-dibayangi-trauma-heat-stroke