Pekan Olahraga Nasional 2021

    KONI Jatim berharap venue PON di Papua bisa digunakan di event-event olahraga lainnya.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kontingen panahan Jawa Timur (Jawa Timur) berhasil mempertahankan rekor selama 40 tahun dengan raihan medali emas terbanyak di tiga kelas panahan pada Pekan Olahraga Nasional Papua XX 2021. Atlet panahan Jatim , Bunga Arbela dan Adrian Indra yang bermain di divisi nasional beregu campuran menjadi penentu juara umum cabang olahraga panahan.

    Keduanya mengalahkan pasangan kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta dengan skor 6-2 di Venue Panahan Kingmi, Kabupaten Jayapura, Sabtu (9/10) lalu. Dengan kemenangan ini, tim panahan Jawa Timur kembali mempertahankan mahkota juara umum untuk yang kesepuluh kalinya dan sekaligus menjadi tim panahan yang tak terbendung oleh lawan.

    Ketua KONI Jatim, Erlangga, mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi para atletnya yang gigih mempertahankan gelar juara umum untuk kesekian kalinya. “Kami sudah PON 10 kali selama 40 tahun dan terus juara umum,” ujarnya, Minggu (10/10).

    Menurutnya, ada hal-hal yang menjadi dasar keberhasilan tim Jatim, yakni pembinaan, sportifitas dan rasa hormat terhadap lawan. Ia meyakini ketiga poin tersebut merupakan pilar Jawa Timur dalam mempertahankan mahkota panahan secara keseluruhan.

    Di satu sisi, ia berharap venue PON di Papua bisa dimanfaatkan di ajang olahraga lainnya. Bahkan, dia mengklaim Papua mampu menggelar kompetisi bertaraf internasional.

    “Kalau bisa juga ada event-event internasional yang bisa digelar di sini,” ujarnya.



    https://www.republika.co.id/berita/r0r2zv428/jawa-timur-pertahankan-rekor-panahan-40-tahun-di-pon