Pelatih Angkat Besi Indonesia: Semoga Lifter Kita Berkesempatan Meraih Medali di Olimpiade Tokyo

Wartawan WARTAKOTALIVE.COM, Rafsanzani Simanjorang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Olimpiade Tokyo 2020 tinggal beberapa hari lagi.

Kontingen Indonesia juga sudah matang, bahkan satu kontingen berangkat duluan ke Jepang, yakni kontingen bulu tangkis.

Salah satu kontingen lain yang menjadi andalan perebutan medali adalah angkat besi.

Dari catatan yang ada, atlet angkat besi Indonesia Eko Yuli Irawan secara konsisten menyumbangkan medali Olimpiade, terakhir medali perak di Olimpiade Rio 2016.

Di Olimpiade Tokyo, lima atlet angkat besi Indonesia siap mengharumkan nama Indonesia di dunia, yakni Eko Yuli, Rahmat Erwin Abdullah, Windy Cantika, dan Nurul Akmal.

Meski Joko Pramono, selaku Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PB PAPSI), mengatakan angkat besi tanpa target di Olimpiade Tokyo, ada misi tersembunyi di sana.

Hal tersebut dijelaskan oleh pelatih angkat besi Indonesia, Dirdja Wihardja.

“Memang atlet tidak dipatok untuk meraih medali (tanpa memberikan beban), tapi ini olahraga terukur. Insya Allah ada peluang untuk meraih medali,” kata pelatih angkat besi Indonesia, Dirdja Wihardja, Selasa (13/ 7/2021).

Melalui statistik yang ada, ia tidak memungkiri bahwa Eko Yuli Irawan di nomor 61 Kg menjadi unggulan pertama Indonesia yang memberikan medali Olimpiade, dan kini pilihannya tergantung pada pemain itu sendiri, apakah mampu merebut keping emas, perak, atau perunggu. .

Andalan kedua adalah Windy sebesar 49 Kg, Deni sebesar 67 Kg.

Ini tidak berarti bahwa Rahmat dan Nurul telah dikesampingkan. Semua atlet diberi pesan khusus untuk memberikan yang terbaik.

“Mereka punya enam batch peluang, di mana hasilnya akan dijumlahkan. Jadi peluang itu harus dimaksimalkan agar bisa sukses,” tambah Dirdja.

Seperti diketahui, pada cabang angkat besi terdapat dua jenis lift yaitu Snatch dan Clean & jerk, dimana setiap angkatan diberikan kesempatan untuk mengangkat sebanyak tiga kali untuk setiap kelasnya.



https://www.tribunnews.com/sport/2021/07/13/pelatih-angkat-besi-indonesia-semoga-lifter-kita-ada-peluang-raih-medali-di-olimpiade-tokyo