Pelayanan Kesehatan Gigi di Kota Depok Dibuka Kembali

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memperbolehkan pelayanan kesehatan gigi di puskesmas dan rumah sakit serta praktek dokter gigi. Untuk itu, Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Puskesmas Limo telah membuka kembali sejumlah layanan kesehatan selama pandemi Covid-19.

Layanan tersebut antara lain layanan kesehatan gigi, kesehatan ibu dan anak (KIA), calon pengantin serta layanan Covid-19. Kepala UPTD Puskesmas Limo, Winarni Naweng Triwulandari mengatakan, layanan dibuka kembali dengan protokol kesehatan yang ketat (prokes). “Terhitung mulai 1 April 2021 pelayanan sudah maksimal,” kata Winarni di Depok, Selasa (20/4).

Menurut Winarni, pelayanan gigi buka dari Senin hingga Sabtu pukul 08.00-11.30 WIB. Kemudian pelayanan KIA dari Senin sampai Sabtu pukul 08.00-11.30 WIB sesuai jadwal.

“Untuk KIA Senin dan Kamis untuk pemeriksaan kehamilan dan laboratorium, Selasa dan Jumat pelayanan KB dan IVA, Rabu Imunisasi dan MTBM serta kunjungan pasca persalinan Sabtu, neonatus, tindik bayi dan konsultasi,” jelasnya.

Winarni mengatakan, pelayanan gigi meliputi penambalan, perawatan dan pencabutan. Namun, Puskesmas Limo tidak bisa melakukan pembersihan karang.

Upacara pengantin dibuka setiap hari Selasa pukul 08.00-11.30 WIB. Kemudian akhirnya layanan Covid-19 dibuka Senin hingga Kamis dengan dua sesi, sesi pertama pukul 08.00-11.00 WIB dan sesi kedua pukul 14.00-17.00.

“Dua sesi juga dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu. Sedangkan hari Minggu dibuka pukul 08.00-11.00 WIB. Kami sudah bisa memisahkan antara pelayanan infeksius dan non infeksius. Jadi warga silahkan ke puskesmas sambil tetap menerapkan prokes seperti memakai masker, “kata Winarni.


Source