Pelumas yang Sesuai Dibutuhkan untuk Memaksimalkan Kinerja Mesin Diesel Standar Euro 4

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mulai April 2022, Pemerintah Indonesia secara resmi akan memberlakukan ketentuan emisi gas buang standar Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel.

    Artinya, pabrikan otomotif tidak lagi diperbolehkan memproduksi dan memasarkan kendaraan dengan standar emisi gas buang di bawah Euro 4.

    Sehubungan dengan penerapan standar emisi Euro 4, agar performa mesin optimal diperlukan juga pelumas yang sesuai.

    Ivan Rastianto, Brand Manager Evalube, mengatakan standar emisi Euro4 untuk kendaraan diesel perlu didukung pelumas yang juga memenuhi standar tersebut.

    Ivan mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi rencana penerapan standar Euro 4 ini dengan memproduksi pelumas yang juga sudah siap Euro 4 untuk pasar Indonesia.

    Baca juga: ExxonMobil Memperkenalkan 3 Varian Baru Pelumas Terjangkau untuk Merek Mobil Jepang dan Korea

    “Kami berkomitmen mendukung pemerintah dengan menyediakan produk pelumas yang memenuhi standar emisi Euro4, yaitu Evalube Super Transco, untuk digunakan pada mesin diesel Euro4,” kata Ivan saat acara santunan Ramadhan Charity di Jakarta, Kamis (6/5/2021). .

    Baca juga: Evalube-CARfix Terus Berkolaborasi untuk Mengambil Bola di Bisnis Pelumas

    Ivan menjelaskan, penerapan standar emisi Euro 4 juga harus diimbangi dengan kualitas bahan bakar yang memadai dengan spesifikasi RON Euro 4 pula.

    “Dari kami sebagai pabrikan pelumas, oli kami sudah siap, tapi di sisi lain melihat bahan bakar yang dikembangkan harus bisa menjaga mesin tetap awet dan tidak menimbulkan endapan,” kata Ivan.

    Baca juga: Kuasai Penjualan ke Bengkel Mandiri, EMLI dan FKT Perkuat Bisnis Pelumas di 3 Pasar Utama Ini

    Kendaraan dengan standar Euro 4 membutuhkan asupan bahan bakar dengan kandungan Cetane Number (CN) 50 dengan kandungan sulfur maksimal 50 ppm.

    “Viskositas pelumas pada mesin diesel Euro 4 minimal 2 mm2 / s dan maksimal 4,5 mm2 / s,” jelasnya.




    Source