Pembaruan Telegram, Sistem Pembayaran Hingga Versi Web Baru

Telegram sekarang telah menambahkan Pembayaran 2.0 dan menambahkan pengaturan jadwal obrolan suara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Telegram diluncurkan memperbarui pembaruan terbaru, yang menampilkan beberapa perubahan baru. Pembaruan ini mencakup sistem pembayaran baru, obrolan suara terjadwal, dan dua versi web baru.

Telegram sekarang telah menambahkan Pembayaran 2.0. Ini adalah peningkatan sistem pembayaran yang telah diterapkan Telegram pada tahun 2017. Pengguna dapat membeli dari bisnis dan membayarnya langsung dari dalam aplikasi.

Melaporkan dari GSMArena, Rabu (28/4), seller kini bisa menerima pembayaran kartu kredit secara native di chat apapun. Itu bergantung pada penyedia pembayaran pihak ketiga, termasuk Satripe, Yandex. Uang, Sberbank, Tranzzo, Payme, KLIK, LiqPay dan ECOMMPAY. Fitur ini tersedia di lebih dari 200 negara.

Telegram menyatakan bahwa informasi pembayaran tetap bersifat pribadi antara pengguna dan penyedia pembayaran. Sementara informasi pengiriman hanya dibagikan dengan pedagang. Telegram tidak menerima komisi dan tidak menyimpan informasi pembayaran.

Obrolan suara terjadwal

Fitur baru lainnya termasuk obrolan suara terjadwal. Admin grup atau saluran dapat menjadwalkan obrolan suara dan semua anggota grup dapat melihat hitungan mundur untuk panggilan tersebut. Saat hitungan mundur berakhir, pengguna secara otomatis akan mendapatkan notifikasi bahwa panggilan sedang berlangsung.

Obrolan suara sekarang juga memungkinkan Anda memperluas gambar profil dan melihat bio tanpa meninggalkan jendela obrolan suara. Anda dapat mengubah gambar profil dan mengedit bio Anda tanpa meninggalkan obrolan.

Dua versi web baru
Telegram juga mengumumkan dua versi web baru. Sebenarnya sudah tayang awal bulan ini, namun perusahaan baru secara resmi mengumumkannya pada Selasa (27/4). Mengapa dua versi? Rupanya, mereka mengadakan kontes untuk membangun versi situs web yang disederhanakan. Ada dua versi yang dipilih sebagai pemenang.

Kedua versi web – versi K dan versi Z – tidak benar-benar menggantikan situs web utama saat ini. Artinya, sekarang ada tiga versi web untuk dipilih. Tentu saja, versi K dan Z didesain lebih sederhana sehingga tidak memiliki banyak fitur namun terlihat sedikit lebih modern. Tidak ada perbedaan fungsional di antara mereka selain dari UI, dan bahkan itu kecil.

Ada beberapa peningkatan lain pada aplikasi seluler. Sekarang pengguna dapat mencubit untuk memperbesar gambar, video, dan bahkan stiker langsung di timeline tanpa membukanya. Anda dapat mempercepat atau memundurkan video dengan mengetuk dua kali di sisi layar di Android dan menekan dan menahan +/- 15 detik di iOS.

Aplikasi Android kini dapat diunduh langsung dari situs Telegram, yang memungkinkan pengguna mendapatkan versi terbaru lebih cepat tanpa harus menunggu Google menyetujuinya untuk PlayStore. Aplikasi Android juga menampilkan animasi baru.




Source