Pembaruan tentang Kondisi Pemimpin Oposisi Kremlin, Otoritas Penjara Rusia Mengumumkan Alexei Navalny dirawat di rumah sakit

TRIBUNNEWS.COM – Otoritas penjara Rusia mengumumkan bahwa Alexei Navalny telah dirawat di rumah sakit.

Pernyataan itu dibagikan ketika kekhawatiran global meningkat atas kondisi kesehatan para pengkritik Presiden Rusia Vladimir Putin, yang telah melakukan mogok makan selama tiga minggu untuk menuntut perawatan medis.

Dalam keterangan yang dikeluarkan pada Senin (19/4/2021), pihak Lapas menyebutkan bahwa politisi tersebut dipindahkan ke rumah sakit narapidana.

Dilansir Al Jazeera, dijelaskan pula bahwa kondisi Navalny (44) tergolong “baik-baik saja” dan setuju mengonsumsi suplemen vitamin.

Menurut pernyataan itu, rumah sakit tempat Navalny dipindahkan terletak di koloni hukuman di Vladimir, sebuah kota 180 kilometer di timur Moskow.

Baca juga: AS Memperingatkan Maskapai untuk Berhati-hati Saat Terbang Di Atas Perbatasan Ukraina-Rusia

Baca juga: Minsk dan Moskow Menggagalkan Plot Kudeta di Belarus

Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny terlihat di pos pemeriksaan paspor di bandara Sheremetyevo Moskow pada 17 Januari 2021. Polisi Rusia menahan kritikus Kremlin Alexei Navalny di bandara Moskow tak lama setelah dia mendarat dalam penerbangan dari Berlin, seorang wartawan AFP di tempat kejadian mengatakan. (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

Navalny telah dipenjara di fasilitas Vladimir yang terpisah sejak bulan lalu setelah dia dijatuhi hukuman dua setengah tahun penjara.

Pemindahan itu dilakukan setelah beberapa pemimpin Barat meminta Moskow untuk memberi Navalny akses ke perawatan medis setelah diperingatkan bahwa dia “bisa mati kapan saja”.

Navalny mengumumkan mogok makan pada akhir Maret sebagai protes atas apa yang dia katakan sebagai penolakan otoritas penjara untuk memperlakukannya dengan baik karena sakit punggung dan kaki yang akut.

Sekutunya mengatakan pada akhir pekan bahwa hidupnya tergantung pada seutas benang dan meminta para pendukungnya untuk menghadiri protes pro-Navalny pada hari Rabu.

Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan menyampaikan pidato kenegaraan tahunannya pada hari yang sama.

Baca juga: Kritikus Vladimir Putin Alexei Navalny Dibebaskan dari Rumah Sakit Berlin




Source